Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar geografi pada materi pelestarian lingkungan hidup siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang / Galuh Maulidiyahwarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar geografi pada materi pelestarian lingkungan hidup siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang / Galuh Maulidiyahwarti

Maulidiyahwarti, Galuh (2013) Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar geografi pada materi pelestarian lingkungan hidup siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang / Galuh Maulidiyahwarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model PembelajaranProblem Based Learning Hasil Belajar Geografi. Tujuanpenelitianiniuntukmeningkatkanhasil belajarsiswadenganmenerapkan modelpembelajaran Problem Based Learning.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas yang terdiridari dua siklus.Masing-masingsiklusterdiridariempat kali pertemuan.Penelitianinidilakukan di kelas XI IPS 2 SMAN 1 LawangpadabulanMaretsampaiApril 2013. Observasi awal menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Lawang tergolong rendah. Hal ini tampak pada rata-rata hasil belajar siswa hanya 66 9dengan ketuntasan klasikal 46.8%. Oleh karena itu diperlukan sebuah tindakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitianinimenunjukkanbahwapenerapan model pembelajaranProblem Based Learningmampumeningkatkanhasil belajar Geografisiswakelas XI IPS 2 SMA Negeri1LawangpadamateriPelestarianLingkunganHidup. Hal inidapatdilihatdarinilai rata-rata hasil belajar siswa padaprasiklusmencapai 66 9danpadasiklus I mencapai 75 2ataumeningkatsebesar12 4 %. Rata-rata hasilbelajarsiswapadasiklus II mencapai 86 7atau meningkat15 4% dari siklus Ikesiklus II.Ketuntasanklasikalsiswapadaprasiklusmencapai 46 8% meningkatmenjadi 71 8% padasiklus I danmeningkatmenjadi 87 5% padasiklus II. Penelitianinimenunjukkanbahwa model Problem Based Learningmendorongsiswauntukbekerjasamadengansiswalaindanmemungkinkansiswauntukmenghubungkanmateridengansituasidunianyata. Olehsebabitudisarankankepadapara guru geografiuntukmenerapkan model Problem Based Learning agar kualitaspembelajarangeografisemakinmeningkat. Kepadapenelitiselanjutnyadisarankanagar melakukanpenelitiandenganmenerapkan model pembelajaranProblem Based Learninguntukmeningkatkanhasil belajarpadamateripembelajaran lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53103

Actions (login required)

View Item View Item