Nasir, Muhammad (2015) Penerapan metode pembelajaran penemuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) terpadu tahun ajaran 2014/2015 di SMP Plus Al-Kasutsar Malang / Muhammad Nasir. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nasir Muhammad. 2015. Penerapan Metode Pembelajaran Penemuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Terpadu Tahun Ajaran 2014/2015 di SMP Plus Al-Kautsar Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M.Pd M.Ed (II) Dr. Agus Wedi S.Pd M.Pd Kata Kunci Metode Pembelajaran Penemuan Hasil Belajar Metode pembelajaran penemuan dipilih untuk diterapkan pada siswa kelas VII SMP Plus Al-Kautsar Malang pada mata pelajaran IPA karena Hasil belajar yang di capai yaitu masih di bawah kriteria ketuntasan kinimal (KKM) akibat proses pembelajaran yang berlangsung kurang mendukung siswa untuk menguasai konsep secara mendalam. Salah cara yaitu dengan menerapkan Metode pembelajaran penemuan pada saat mata pelajaran IPA sedang berlangsung. dengan demikian dalam penerapan pembelajaran penemuan ini peneliti memiliki alasan karena metode ini telah memperhatikan tiga aspek penting dalam penilaian yaitu sikap keterampilan dan pengetahuan. Sedangkan untuk aspek pembelajaran yang dimuat dalam metode ini mencakup lima hal penting yaitu mengamati mngumpulkan informasi mengasosiasi dan mengkomunikasikan atau yang disingkat 5M. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPA melalui penerapan Metode pembeljaran penemuan di SMP Plus Al-Kautsar Malang. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini dirancang dengan menggunakan Model penelitian tindakan kelas. Sedangkan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C berjumlah 18 orang laki-laki pada SMP Plus Al-Kautsar Malang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh siswa dan guru pada saat proses pembelajaran berlangsung dan evaluasi pada setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil analisis data yang sudah dilakukan pada penelitian dilapangan pada siklus 1 diperoleh hasil keterlaksanaan pembelajaran oleh siswa rata-rata skor adalah 79 68% dibulatkan menjadi 80% dan rata-rata perolehan nilai hasil belajar mencapai 80 44 yang tergolong cukup meningkat dibandingkan pada saat pra tindakan. Sehingga dapat disimpulkan berdasarkan kualifikasi keterlaksanaan kegiatan pembelajaran maka tingkat keberhasilan guru dalam kegiatan belajar mengajar dapat dikatakan baik. Sedangkan hasil analisis pada siklus 2 diperoleh hasil keterlaksanaan pembelajaran oleh siswa rata-rata skor adalah 96 87% % dibulatkan menjadi 97% dan rata-rata perolehan nilai hasil belajar mencapai 90 88 yang tergolong sangat meningkat dibanding sebelumnya pada saat tindakan siklus I. Sehingga dapat disimpulkan berdasarkan kualifikasi keterlaksanaan kegiatan pembelajaran maka tingkat keberhasilan guru dalam kegiatan belajar mengajar dapat dikatakan sangat baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/531 |
Actions (login required)
View Item |