Pengaruh model pembelajaran kooperatif number head together terhadap hasil belajar siswa pada topik hidrosfer kelas X MAN Malang II Batu / Novita Selviana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran kooperatif number head together terhadap hasil belajar siswa pada topik hidrosfer kelas X MAN Malang II Batu / Novita Selviana

Selviana, Novita (2013) Pengaruh model pembelajaran kooperatif number head together terhadap hasil belajar siswa pada topik hidrosfer kelas X MAN Malang II Batu / Novita Selviana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Model PembelajaranNumber Head Together hasilbelajar Peningkatan hasil belajar dapat dilakukan dengan meningkatan kualitas proses pembelajaran. Salah satu jenis model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar adalah model Number Head Together.Pembelajaran menggunakan Number Head Together terdiri dari 4 fase yaitu penomoran pengajuan pertanyaan berpikir bersama dan pemberian jawaban. Padadasarnya modelinidapatmeningkatkanpelaksanaanaktivitas belajar siswa yang berujungpadameningkatnyaketerampilankognitifsiswayaituhasilbelajar. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikanpengaruhpenerapanpembelajarankooperatif model Number Head Together terhadaphasilbelajargeografisiswakelas X MAN Malang II Batu. Penelitian ini dirancangmenggunakanpenelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan mengambil subjek penelitian dua kelas yaitu kelas X6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X10 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes untuk prates dan pascates. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t tidak berpasangan (Independent Samples Test) yang dapat diselesaikan dengan bantuan SPSS 16.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Number Head Togetherterhadap hasil belajar geografi siswa di MAN Malang II Batu.Dari hasil analisis data diketahui bahwa hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaranNumber Head Togethermemiliki rata-rata sebesar 34 45 sedangkan pada kelas yang menggunakanpembelajarankonvensional memiliki rata-rata 26 09dengan probabilitas (sig.) 0 001 sehingga dapatdisimpulkanbahwaada pengaruh penerapan model pembelajaran Number Head Together terhadap hasil belajar Geografi siswa pada topik Hidrosfer. Disarankan bagi sekolahuntukmemberikan dukunganterhadap guru-guru tentang model pembelajarankooperatif khususnyaNumber Head Togetherdalamkegiatanpembelajaran. Bagi guru Geografi untuk menggunakan model pembelajaran Number Head Togethersebagai alternatif model pembelajaran karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi peneliti lanjut yang menelititentang model pembelajaranNumber Head Together disarankan untuk mengelolawaktudenganbaik agar model pembelajaranNumber Head Togetherterlaksanadenganbaik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53091

Actions (login required)

View Item View Item