Penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar geografi siswa kelas XI B di SMA Islam Watulimo Kabupaten Trenggalek / Dian Ratnasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar geografi siswa kelas XI B di SMA Islam Watulimo Kabupaten Trenggalek / Dian Ratnasari

Ratnasari, Dian (2013) Penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar geografi siswa kelas XI B di SMA Islam Watulimo Kabupaten Trenggalek / Dian Ratnasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci keaktifan belajar hasil belajar model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Perubahan orientasi pembelajaran yang semula berpusat pada guru sekarang berpusat pada siswa dengan tujuan memperbaiki mutu pendidikan. Namun kenyataannya belum sesuai dengan usaha tersebut seperti di kelas XI-B SMA Islam Watulimo. Berdasarkan observasi ditemukan data rendahnya keaktifan dan hasil belajar siswa. Faktor penyebabnya antara lain adalah rendahnya keaktifan siswa serta model dan metode pembelajaran guru yang membosankan. Alternatif yang dapat dilakukan guru yaitu menggunakan model pembelajaran yang mengarah pada pembelajaran individu dan kelompok secara terprogram seperti model pembelajaran TAI karena TAI dirancang untuk mengkombinasikan pembelajaran individu dan kooperatif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan mengetahui apakah TAI dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar. Subjek penelitian adalah 31 siswa kelas XI-B. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif tabulasi tunggal keaktifan dan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar. Keaktifan dan hasil belajar secara klasikal pada pra tindakan siklus 1 dan siklus 2 adalah 60 75 dan 86 serta 65 74 dan 83. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa TAI dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Saran yang diajukan untuk kepala sekolah adalah perlunya penyediaan sarana dan prasarana yang lengkap untuk mendukung efektifitas pembelajaran. Sedangkan bagi guru disarankan untuk menggunakan TAI sebagai model pembelajaran alternatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53089

Actions (login required)

View Item View Item