Peningkatan keaktifan dan hasil belajar geografi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) pada siswa kelas XI IPS 5 SMA Negeri 7 Malang / Nenis Julichah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keaktifan dan hasil belajar geografi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) pada siswa kelas XI IPS 5 SMA Negeri 7 Malang / Nenis Julichah

Julichah, Nenis (2013) Peningkatan keaktifan dan hasil belajar geografi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) pada siswa kelas XI IPS 5 SMA Negeri 7 Malang / Nenis Julichah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) keaktifan hasil belajar Hasil observasi pada tanggal 24 Juli 2012 di SMA Negeri 7 Malang diketahui bahwa kelas XI IPS 5 rata-rata nilai siswa pada mata pelajaran geografi hanya 73 44 belum mencapai KKM yaitu 8805 75. Hal ini terbukti persentasekan ketuntasan klasikal UTS yang tuntas 43 75% sebanyak 14 siswa sedangkan yang belum tuntas sekitar 56 25% sebanyak 18 siswa. Selain itu keaktifan siswa dalam kelas pada proses pembelajaran dengan rata-rata nilai yaitu 36 37% sebanyak 12 siswa sedangkan siswa yang tidak aktif mencapai 63 64% sebanyak 21 siswa. Hasil belajar dan keaktifan siswa kurang optimal karena kurang kondusifnya keadaan kelas banyak siswa yang ramai pembentukan kelompok siswa yang kurang heterogen atau seimbang guru sering mengunakan metode ceramah kreatif dan siswa jarang mendapat penghargaan hal ini berpengaruh terhadap semangat dan atusias siswa dalam mengikuti pelajaran. Sehingga penelitian bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar geografi siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model TAI. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) bertujuan untuk memperbaiki suatu keadaan pembelajaran di kelas dengan melakukan tindakan- tindakan tertentu agar terjadi pembaharuan menuju ke arah perbaikan. Penelitian ini digunakan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa yang dihitung dengan menggunakan persentase. Tindakan penelitian dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan selama 2 x 45 menit dan setiap siklus terdiri dari empat langkah yaitu a) perencanaan b) pelaksanaan/aksi c) observasi/pengamatan d) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 5 semester Ganjil tahun ajaran 2012-2013 SMA Negeri 7 Malang dengan jumlah 33 siswa pada materi memahami sumber daya alam. Hasil penelitian menunjukan bahwa keaktifan belajar dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat bahwa rata-rata keaktifan belajar siswa pada siklus I mencapai 66 20% dengan taraf keberhasilan Cukup meningkat menjadi 78 03% dengan taraf keberhasilan Baik sedangakn untuk nilai rata-rata keaktifan kelompok pada siklus I mencapai 64 66% meningkat menjadi 80 21% pada siklus II. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I ketuntasan klasikal hasil belajar siswa adalah 53 33% dengan rata-rata nilai yaitu 74 00 dan pada siklus II meningkat menjadi 87 89% dengan rata-rata nilai yaitu 78 94. Hal ini juga berpengaruh terhadap nilai rata-rata siswa mengerjakan LKS yaitu pada siklus I mencapai 71 64 meningkat menjadi 75 15 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan model pembelajaran kooperatif TAI dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Disarankan kepada guru geografi untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif TAI sebagai salah satu model pembelajaran alternatif agar dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Bagi siswa yang memiliki kemampuan akademik lebih tinggi diharapkan selalu membimbing siswa berkemampuan bawah dan sedang. Bagi penelitian selanjutnya disarankan pada model TAI ada pembimbingan dalam sebuah kelompok dari siswa berkemampuan akademik atas sedang dan bawah dengan setiap anggota memiliki peran sendiri-sendiri pemberian penghargaan untuk setiap kelompok terbaik untuk membangkitkan antusias individu maupun kelompok. .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53086

Actions (login required)

View Item View Item