Suwardi, Yessy Perdanasari (2013) Pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative scrips terhadap kemampuan berpikir kristis dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang / Yessy Perdanasari Suwardi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Suwardi Yessy Perdanasari. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Malang. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto M. Si (II) Satti Wagistina S. P M. Si. Kata Kunci cooperative script kemampuan berpikir kritis hasil belajar. 12288 12288 12288 12288 Kreativitas guru dalam mengajar dan menentukan strategi pembelajaran yang digunakan siswa untuk belajar di kelas dapat menciptakan pembelajaran yang aktif. Model pembelajaran kooperatif merupakan salah satu strategi mengajar yang digunakan guru untuk meningkatkan interaksi melalui hubungan sosial. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran cooperative script dapat mengembangkan upaya kerjasama dalam mencapai tujuan bersama. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative script terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang dan mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian pretest dan postest control group design. Sampel penelitian ini terdiri dari satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar yang terdiri dari tes awal dan tes akhir. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan SPSS 16.00 for Windows. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran cooperative script terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang. Kemampuan berpikir kritis siswa pada materi di kelas eksperimen memiliki rerata gain score sebesar 46 59 sedangkan pada kelas kontrol memiliki rerata gain score 16 12. Kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang. Hasil belajar siswa pada materi atmosfer di kelas eksperimen memiliki rerata gain score sebesar 43 72. Kelas kontrol memiliki rerata gain score 10 71. Hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 May 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53081 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |