Penerapan metode penugasan menggunakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas X-7 MAN Malang 2 Batu / Ina Umi Nadziroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode penugasan menggunakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas X-7 MAN Malang 2 Batu / Ina Umi Nadziroh

Nadziroh, Ina Umi (2013) Penerapan metode penugasan menggunakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas X-7 MAN Malang 2 Batu / Ina Umi Nadziroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci metode penugasan lembar kegiatan siswa (lks) hasil belajar geografi Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Geografi siswa. PTK ini dilaksanakan dua kali siklus. Setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan (2x45 ) dengan empat rincian kegiatan yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada hari Rabu 28 November 2012 diketahui bahwa hasil belajar siswa kelas X 61485 7 MAN Malang 2 Batu rendah yaitu nilai rata 61485 ratanya 61494 61489 berada pada kualifikasi cukup. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan karena guru jarang memberikan tugas semua siswa tidak memiliki buku teks sendiri untuk mata pelajaran Geografi siswa hanya dipinjami buku teks dari perpustakaan saat proses pembelajaran Geografi berlangsung saja dan metode pembelajaran yang sering digunakan adalah ceramah. Oleh karena itu dilakukan PTK dengan menerapkan metode penugasan menggunakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) untuk meningkatkan hasil belajar Geografi siswa kelas X 61485 7 MAN Malang 2 Batu. Metode penugasan menggunakan LKS memberikan pengalaman belajar yang konkret sehingga pengetahuan yang diperoleh siswa lebih mantap dan terintegrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Geografi siswa kelas X 61485 7 MAN Malang 2 Batu mengalami peningkatan. Nilai rata-rata siswa dari 61494 61489 (cukup) pada pra tindakan meningkat 1 61494 34% dengan nilai rata 61485 rata7 61489 (baik) pada siklus I dan meningkat 1 61494 90% dengan nilai rata 61485 rata 83 (baik sekali) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian disarankan guru mata pelajaran Geografi menggunakan metode penugasan menggunakan LKS pada kompetensi dasar menganalisis hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di bumi. Selain itu dalam menerapkan metode pembelajaran ini hendaknya guru tegas memberikan pengawasan dan peringatan ke siswa sebagai upaya untuk mencegah terjadinya ketidaktertiban saat proses pembelajaran. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53075

Actions (login required)

View Item View Item