Strategi penumbuhan partisipasi orangtua pada program parenting education di TK Negeri Pembina Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan / Yunita Chomisyiya Firdausi

Firdausi, Yunita Chomisyiya (2018) Strategi penumbuhan partisipasi orangtua pada program parenting education di TK Negeri Pembina Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan / Yunita Chomisyiya Firdausi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Firdausi, Y. C. 2018. Strategi Penumbuhan Partisipasi Orangtua pada Program Parenting Education di TK Negeri Pembina Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sri Wahyuni, M.Pd, (II) Drs. Nurhadi, M.Pd. Kata Kunci: parenting education, partisipasi orangtua, strategi lembaga Kegiatan parenting education yang dilaksanakan di TK Negeri Pembina Kecamatan Magetan diantaranya adalah pertemuan rutin, Apresiasi Kreasi Anak PAUD (AKRAP), dan kunjungan ke rumah wali murid. Partisipasi orangtua pada program parenting education akan berkembang dan aktif apabila lembaga mempunyai cara strategi dalam hal tersebut. Berkaitan dengan itu, maka diperlukan pembahasan mengenai strategi lembaga dalam membangun keikutsertaan orangtua pada program parenting education. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujun untuk menemukenali tentang (1) ragam kegiatan parenting education; (2) bentuk partisipasi orangtua pada program parenting education; (3) strategi lembaga dalam membangun partisipasi orangtua pada program parenting education. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun subjek penelitian berjumlah 6 orang informan yang terdiri dari 1 kepala sekolah, 3 guru dan 1 ketua paguyuban. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan model analisis data Miles dan Huberman yang terdiri dari kegiatan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan kriteria kepercayaan dengan teknik pemeriksaan triangulasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) kegiatan parenting education di TK Negeri Pembina Kecamatan Magetan beragam diantaranya adalah pertemuan rutin, AKRAP, dan kunjungan ke rumah wali murid; (b) partisipasi orangtua pada program parenting education ada 3 bentuk, yaitu partisipasi dalam bentuk ide, misalnya memberikan kritik dan saran, dalam bentuk tenaga, misalnya menjadi panitia kegiatan, dalam bentuk sumbangan, misalnya memberi sumbangan berupa uang, makanan, dan benda; (c) strategi lembaga dalam membangun partisipasi orangtua pada program parenting education adalah mengorganisir orangtua dengan membentuk paguyuban TK, perencanaan program bersama orangtua, bermitra bersama orangtua dalam pelaksanaan program. Saran yang diberikan yaitu (a) kepada orangtua di TK Negeri Pembina Kecamatan Magetan, diharapkan selalu berpartisipasi dan meluangkan waktu bersama anak dalam kegiatan parenting education, sehingga orangtua, guru, dan anak terjalin semakin baik; (b) kepada pengelola TK Negeri Pembina Kecamatan Magetan diharapkan menambah strategi baru agar berpartisipasi orangtua terhadap kegiatan parenting education bertahan dengan baik dan semakin aktif dari sebelumnya; (c) bagi peneliti lain untuk penelitian selanjutnya sebaiknya dilakukan dengan metode penelitian yang lain misalnya dengan metode penelitian kuantitatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5307

Actions (login required)

View Item View Item