Keaktifan belajar dan tindak lanjut hasilnya pada program pendidikan kesetaraan Paket C Kota Malang / Astari Kintha Rahmayanti. - Repositori Universitas Negeri Malang

Keaktifan belajar dan tindak lanjut hasilnya pada program pendidikan kesetaraan Paket C Kota Malang / Astari Kintha Rahmayanti.

Rahmayanti, Astari Kintha (2018) Keaktifan belajar dan tindak lanjut hasilnya pada program pendidikan kesetaraan Paket C Kota Malang / Astari Kintha Rahmayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Kintha Astari. 2018. Keaktifan Belajar Dan Tindak Lanjut Hasilnya Pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket C. Skripsi. Pendidikan Luar Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Supriyono M.Pd. (2) Dr. Umi Dayati M.Pd. Kata Kunci keaktifan belajar tindak lanjut hasilnya pendidikan kesetaraan Meningkatkan kualitas belajar yang baik maka perlu adanya program pendidikan yang membantu masayarakat yang mengalami putus sekolah. Adanya program pendidikan kesetaraan menunjukkan bawasannya masyarakat merasa terbantu untuk melanjutkan pendidikan. Pendidikan kesetaraan paket C memiliki beberapa kelompok belajar paket kesetaraan sesuai dengan pendidikan formal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) karakteristik pribadi dan sosial warga belajar (2) keaktifan belajar warga belajar (3) tindak lanjut hasilnya pada program pendidikan kesetaraan paket C. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah warga belajar program pendidikan kesetaraan paket C yang berjumlah 170 warga belajar dengan total sampel 34 warga belajar. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner teknik analisis data yang digunakan adalah statistic frekuensi yang diolah menggunakan SPSS. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) karakteristik pribadi dan sosial dalam tingkat pendidikan ayah SLTP 32 4% pendidikan ibu SLTP 35 3% pekerjaan ayah 23 5% pekerjaan ibu ibu rumah tangga 58 8% penghasilan ayah sedang 44 1% penghasilan ibu kurang 35 3% lantai rumah plesteran 73 5 harga hanphone menengah 41 2% dan alat rumah tangga 45 7% maka dapat disimpulkan status sosial ekonomi menengah (2) keaktifan belajar rendah dengan presentase 73 54% (3) tindak lanjut hasilnya menunjukkan yang memilih kuliah tidak setuju dengan presentase 70 6% keinginan untuk kerja banyak yang memilih setuju dengan pesentase 44 1% keinginan untuk kuliah atau kerja banyak yang memilih setuju dengan presentase 52 9% dan keinginan untuk menikah banyak yang memilih setuju dengan presentase 32 9%. Dalam hasil penelitian disarankan pada (1) Pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Kota Malang dengan hadirnya penelitian ini dapat mendorong tutor untuk meningkatkan pengetahuan karakteristik pribadi dan sosial warga belajar serta keaktifan belajar dan tindak lanjut hasilnya warga belajar terutama paket C di PKBM Kota Malang (2) Tutor dapat meningkatkan pengetahuan karakteristik-karekteristik pribadi dan sosial serta keaktifan warga belajar terhadap tindak lanjut hasilnya pada program kesetaraan paket C untuk menjadikan bahan masukan strategi pelaksanaan akademik sesuai dengan karakteristik warga belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5305

Actions (login required)

View Item View Item