Aplikasi sistem informasi geografi (SIG) untuk alternatif jalur bus trans Malang / Randhiki Gusti Perdana - Repositori Universitas Negeri Malang

Aplikasi sistem informasi geografi (SIG) untuk alternatif jalur bus trans Malang / Randhiki Gusti Perdana

Perdana, Randhiki Gusti (2013) Aplikasi sistem informasi geografi (SIG) untuk alternatif jalur bus trans Malang / Randhiki Gusti Perdana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci SIG pemodelan jalur bus Trans Malang Saat ini kota Malang membutuhkan moda transportasi baru. Dimana transportasi tersebut mampu memenuhi kebutuhan pengguna jasa transportasi umum. Moda transportasi baru yang dapat menghubungkan antara daerah luar kota dengan pusat kota dan dari segi pelayanan diharapkan lebih baik dari angkutan kota yang ada saat ini. Salah satu solusinya adalah Bus Trans Malang. Untuk mengetahui jalur yang akan dilalui oleh masing-masing koridor Bus Trans Malang perlu diadakannya suatu pemodelan diharapkan dari pemodelan tersebut menjadi salah satu alternatif penanganan permasalahan dan keluhan masyarakat pengguna jasa transportasi umum. Sehingga tuntutan masyarakat akan transportasi umum yang cepat aman nyaman dan terjangkau dapat terpenuhi. Penelitian ini bertujuan untuk membuat pemodelan jalur Bus Trans Malang dengan memanfaatkan Sistem Informasi Geografi (SIG). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survei. Pengambilan sampel dilakukan secara Purposive Sampling. Analisis yang digunakan yaitu menggunakan software ArcGis. Unsur-unsur yang dianalisis adalah jaringan jalan titik kemacetan lalu lintas dan penggunaan lahan. Kegiatan ini produk intinya berupa peta alternatif Jalur Bus Trans Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penentuan jalur dan halte bus trans Malang dilihat dari tarikan dan bangkitan pergerakan penggunaan lahan kelas jalan dan fungsi dari jalan. Pembuatan alternatif jalur bus Trans Malang dibagi menjadi tiga yaitu jalur tengah jalur barat dan jalur timur. Aplikasi SIG ini berperan dalam pengolahan data primer dan sekunder subsistem masukan data pada SIG sebagai upaya mengumpulkan dan mengolah data spasial dari sumber peta dan basis data lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53049

Actions (login required)

View Item View Item