Penerapan model pembelajaran think pair share (TPS) berbasis keterampilan berfikir kritis untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIF SMPN 18 Malang / Febri Permitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran think pair share (TPS) berbasis keterampilan berfikir kritis untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIF SMPN 18 Malang / Febri Permitasari

Permitasari, Febri (2012) Penerapan model pembelajaran think pair share (TPS) berbasis keterampilan berfikir kritis untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIF SMPN 18 Malang / Febri Permitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Think Pair Share hasil belajar Hasil wawancara dan observasi awal dilakukan di SMP Negeri 18 Malang diketahui bahwa kelas VII-F merupakan kelas yang nilainya paling rendah diantara kelas yang lain. Guru menggunakan metode ceramah dalam kegiatan pembelajaran hal ini menyebabkan siswa kurang memahami materi. Melihat hasil observasi awal yang telah dilakukan perlu dilakukan upaya-upaya yang mampu memperbaiki kondisi kelas. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model Think Pair Share (TPS) berbasis kemampuan berfikir kritis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan setiap siklus terdiri dua kali pertemuan selama 2 jam pelajaran. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini siswa kelas VII-F semester genap tahun ajaran 2011-2012 SMP Negeri 18 Malang dengan jumlah 42 siswa terdiri dari 25 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa diamati selama pembelajaran sedangkan hasil belajar diukur di setiap tes akhir siklus. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi soal tes dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang diketahui berdasarkan nilai rata-rata siswa dari tes yang dilakukan di setiap akhir siklus sebesar 67 42 pada siklus pertama dan meningkat menjadi 71 82 pada siklus kedua. Peningkatan hasil belajar siswa selama dilakukannya tindakan sebesar 6 05%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan model Think Pair Share berbasis kemampuan berfikir kritis dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-F SMP Negeri 18 Malang pada materi Atmosfer dan Hidrosfer. Guru geografi disarankan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share berbasis kemampuan berfikir kritis sebagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan memperhatikan alokasi waktu dan pengelolaan kelas dengan matang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53031

Actions (login required)

View Item View Item