Pola asuh anak di Panti Asuhan Al-Ishlah Putra Kecamatan Blimbing Kota Malang / Fitrianasari

Fitrianasari (2018) Pola asuh anak di Panti Asuhan Al-Ishlah Putra Kecamatan Blimbing Kota Malang / Fitrianasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Fitrianasari, 2018, Pola Asuh Anak di Panti Asuhan Al-Ishlah Putra Kecamatan Blimbing Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Lasi Purwiro, M.S., (II) Dr. Zulkarnain, M.Pd, M. Si Kata Kunci : pola, asuh, anak, panti asuhan Pola asuh merupakan interaksi antara orangtua dan anak dalam rangka mempersiapkan anak agar dapat diterima di masyarakat. Pola asuh ini juga dialami oleh anak yang tinggal di panti asuhan. Pengasuh di panti asuhan inilah yang bertugas menggantikan posisi orangtua dalam kehidupan sehari-hari anak panti. Penelitian ini bertujuan mengetahui pola asuh yang digunakan di Panti Asuhan Al-Ishlah Putra Kecamatan Blimbing Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa Panti Asuhan Al-Ishlah Putra menggunakan pola asuh campuran. Pola asuh campuran yang digunakan adalah perpaduan dari dua pola asuh yakni pola asuh otoriter dan demokratis. Pola asuh otoriter ditandai dengan peraturan yang dibuat sepihak oleh pengasuh dan harus dipatuhi semua anak. Pola asuh demokratis ditandai dengan adanya diskusi antara anak dan pengasuh ketika anak mengalami masalah. Perpaduan kedua pola asuh ini dianggap efektif dalam mengarahkan anak untuk memenuhi harapan pengasuh. Temuan penelitian ini juga menunjukkan adanya pengasuhan sebaya. Pengasuhan sebaya dapat dilihat ketika ada anak bertengkar maka anak panti yang lebih tua akan melerai dan menenangkan anak panti yang lebih muda. Saran pada penelitian ini ditujukan kepada pengasuh dan anak panti di Panti Asuhan Al-Ishlah Putra. Saran untuk pengasuh agar dapat menempatkan pola asuh tertentu didalam kondisi yang tepat. Sedangkan untuk anak panti yang lebih tua diharap dapat lebih dewasa dan bijak dalam mengarahkan anak asuh yang lebih muda, terutama ketika anak asuh yang lebih muda sedang mengalami masalah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5303

Actions (login required)

View Item View Item