Identifikasi kesulitas guru geografi SMA Negeri se-Kabupaten Pamekasan dalam menyusun silabus dan RPP berdasarkan KTSP / Wardatus Sarifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi kesulitas guru geografi SMA Negeri se-Kabupaten Pamekasan dalam menyusun silabus dan RPP berdasarkan KTSP / Wardatus Sarifah

Sarifah, Wardatus (2012) Identifikasi kesulitas guru geografi SMA Negeri se-Kabupaten Pamekasan dalam menyusun silabus dan RPP berdasarkan KTSP / Wardatus Sarifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kesulitan guru geografi silabus RPP KTSP Salah satu kewajiban guru yaitu membuat perencanaan pembelajaran yang dituangkan dalam bentuk perangkat pembelajaran yang meliputi program tahunan program semester silabus RPP dan lain sebagainya. Perangkat tersebut dijadikan pedoman dalam membelajarkan siswa. Observasi awal dilakukan dengan mendatangi Dinas Pendidikan Kabupaten Pamekasan dan mewawancarai beberapa guru geografi SMA Negeri di Kabupaten Pamekasan. Berdasarkan observasi awal tersebut guru yang pernah membuat perangkat pembelajaran masih mengalami kesulitan dalam penyusunannya terutama silabus dan RPP. Untuk mengetahui kesulitan apa saja yang dialami guru maka rumusan masalah penelitian sebagai berikut. (1) Apa saja kesulitan yang dialami guru Geografi SMA Negeri se-Kabupaten Pamekasan dalam menyusun silabus berdasarkan KTSP (2) Apa saja kesulitan yang dialami guru geografi SMA Negeri se-Kabupaten Pamekasan dalam menyusun RPP berdasarkan KTSP (3) Bagaimana upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi kesulitan-kesulitan menyusun silabus dan RPP agar pembelajaran geografi dapat berjalan dengan baik berdasarkan KTSP Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah guru geografi SMAN se-Kabupaten Pamekasan yang mengalami kesulitan dalam menyusun silabus dan RPP. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman sehingga peneliti menganalisis data dengan cara (a) mereduksi data yaitu memilih hal-hal yang pokok pada data (b) memaparkan yaitu menampilkan data pokok dalam uraian singkat (c) konklusi yaitu menyimpulkan dari hasil paparan data (Sugiono 2011 247). Hasil penelitian sebagai berikut pertama guru geografi yang ada di SMA Negeri se-Kabupaten Pamekasan masih banyak yang mengalami kesulitan dalam menyusun silabus berdasarkan KTSP pada berbagai komponen kedua guru geografi yang ada di SMA Negeri se-Kabupaten Pamekasan masih banyak yang mengalami kesulitan dalam menyusun RPP berdasarkan KTSP pada berbagai komponen ketiga Upaya yang dilakukan guru geografi belum berhasil sepenuhnya sehingga harus diadakan upaya yang lebih baik lagi untuk mengatasi kesulitan-kesulitan dalam menyusun silabus dan RPP yaitu mengaktifkan kembali MGMP dengan melibatkan Dinas pendidikan serta guru-guru yang bersangkutan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53014

Actions (login required)

View Item View Item