Evaluasi reaction Kirkpatrick pada program pelatihan teknik otomotif di UPT Pelatihan Kerja Pasuruan / Mahmud Iskandar

Iskandar, Mahmud (2018) Evaluasi reaction Kirkpatrick pada program pelatihan teknik otomotif di UPT Pelatihan Kerja Pasuruan / Mahmud Iskandar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Iskandar Mahmud. 2018. Evaluasi Reaction Kirkpatrick pada Program Pelatihan Teknik Otomotif di UPT Pelatihan Kerja Pasuruan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ach. Rasyad M.Pd (II) Dr. Ellyn Sugeng Desyanty S.Pd M.Pd Kata Kunci Pelatihan Evaluasi Reaksi Pelatihan merupakan salah satu kegiatan dalam rangka meningkatkan pengetahuan sikap dan keterampilan agar dapat diimpelmentasikan dalam kehidupan sehari-hari.evaluasi reaksi dalam penelitian ini tentang reaksi kepuasan peserta pelatihan dalam pelaksanaan Pelatihan Teknik Otomotif di UPT Pelatihan Kerja pasuruan. Dalam setiap program evaluasi merupakan hal yang sangat penting untuk mengukur mengetahui keberhasilan suatu program. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan reaski peserta pelatihan tentang pelaksanaan program pelatihan yaitu (1) fasilitas pelatihan (2) materi pelatihan (3) metode pelatihan (4) instruktur pelatihan (5) waktu pelaksanaan pelatihan dan (6) akomodasi dan konsumsi pelatihan. Penelitian ini menggunkan pendekaatan penelitian kuantitatif deskriptif sumber data utama ialah peserta pelatihan Teknik Otomotif. Pengumpulan data dengan teknik obserasi dan penyebaran kuesioner. Kegiatan analisis data dimulai dari pemeriksaan (editing) pemberian identitas (koding) pembeberan data (tabulating) dan analis data (analyze). Berdasarkan hasil analsis data Hasil penelitian mengenai karakteristik usia responden peserta pelatihan Teknik Otomotif menunjukan didominasi oleh usia 21-30 tahun dengan 46.87% dan untuk pendidikan terakhir didominasi oleh lulusan SLTA dengan 59.38%. Untuk reaksi peserta pelatihan diperoleh enam kesimpulan yaitu sebagai berikut (1) reaksi peserta terhadap fasilitas pelatihan memiliki tingkat kepuasaan 84.85% maka dinyatakan dengan klasifikasi tinggi. (2) reaksi peserta terhadap materi pelatihan memiliki tingkat kepuasaan 82.88% maka dinyatakan dengan klasifikasi tinggi (3) reaksi peserta terhadap metode pelatihan memiliki tingkat kepuasaan 82.5% maka dinyatakan dengan klasifikasi tinggi (4) reaksi peserta terhadap instruktur pelatihan memiliki tingkat kepuasaan 90.21% maka dinyatakan dengan klasifikasi tinggi (5) reaksi peserta terhadap waktu pelaksanaan pelatihan memiliki tingkat kepuasaan 84.85% maka dinyatakan dengan klasifikasi tinggi dan (6) reaksi peserta terhadap akomodasi dan konsumsi pelatihan memiliki tingkat kepuasaan 84.63% maka dinyatakan dengan klasifikasi tinggi. Saran penelitian ini bagi penyelenggara program pelatihan dapat mempertahankan dan meningkatkan pelayanan untuk mencapai reaksi peserta yang positif/puas terhadap pelatihan agar tujuan program dapat tercapai secara maksimal dan memperbaiki program pelatihan selanjutnya dan bagi devisi evaluasi UPT Pelatihan Kerja Pasuruan disarankan untuk memperhatikan reaksi peserta terhadap pelatihan yang berupa minat perhatian dan motivasi pada pelatihan agar memperoleh solusi dalam memecahkan masalah dalam pelaksanaan evaluasi program yang diselenggarakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5301

Actions (login required)

View Item View Item