Penerapan model latihan inkuirio (inquiry training) pada pembelajaran IPA materi permukaan bumi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III-A SDN Lowokwaru 04 / Like Eyuense - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model latihan inkuirio (inquiry training) pada pembelajaran IPA materi permukaan bumi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III-A SDN Lowokwaru 04 / Like Eyuense

Eyuense, Like (2015) Penerapan model latihan inkuirio (inquiry training) pada pembelajaran IPA materi permukaan bumi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III-A SDN Lowokwaru 04 / Like Eyuense. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Eyuense Like. 2015. Penerapan Model Latihan Inkuiri (Inquiry Training) pada Pembelajaran IPA Materi Permukaan Bumi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III-A SDN Lowokwaru 04. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Punadji Setyosari M.Pd M.Ed (II) Saida Ulfa S.T M.Edu Ph.D. Kata Kunci Model Latihan Inkuiri hasil belajar Ilmu Pengetahuan selalu berkaitan dengan bagaimana cara mencari tahu tentang alam secara sistematis sehingga bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta konsep-konsep dan prinsip-prinsip saja tetapi merupakan suatu proses penemuan. Salah satu model pembelajaran yang melibatkan siswa dalam proses penemuan adalah model Latihan Inkuiri (Inquiry Training). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlakasanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Latihan Inkuiri (Inquiry Training) pada materi Permukaan Bumi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 5 fase yakni fase konfrontasi dengan masalah (encounter with the problem) fase mengumpulkan data melalui verifikasi (data gathering-verification) fase mengumpulkan data melalui eksperimen (data gathering-experimentation) fase merumuskan penjelasan (formulating an explanation) dan fase menganalisis proses inkuiri (analysis of the inquiry proses). Subyek penelitian adalah kelas III-A SDN Lowokwaru 04 semester genap tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keterlaksanaan model latihan inkuiri (inquiry training) adalah lembar observasi keterlaksanaan model latihan inkuiri (inquiry training). Hasil belajar yang diukur meliputi dua aspek yakni kognitif dan afektif. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar adalah soal tes dan lembar observasi afektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan penerapan latihan inkuiri (inquiry training) tercapai pada siklus 2 karena semua deskriptor terlaksana sedangkan pada siklus 1 ada 2 deskriptor yang tidak terlaksana (2) hasil belajar kognitif siswa meningkat dengan ketuntasan klasikal sebesar 52% pada siklus 1 menjadi 76% pada siklus 2 hasil belajar afektif siswa meningkat dengan rata-rata ketuntasan belajar klasikal sebesar 52% pada siklus 1 menjadi 84% pada siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar pembelajaran IPA siswa SDN Lowokwaru 04 mengalami peningkatan dengan diterapkannya model latihan inkuiri (inquiry training).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/530

Actions (login required)

View Item View Item