Pengembangan video promosi pencegahan perilaku merokok di kalangan siswa SMP PGRI 4 Malang / Ahmad Makki - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan video promosi pencegahan perilaku merokok di kalangan siswa SMP PGRI 4 Malang / Ahmad Makki

Makki, Ahmad (2010) Pengembangan video promosi pencegahan perilaku merokok di kalangan siswa SMP PGRI 4 Malang / Ahmad Makki. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Makki Ahmad 2008. Pengembangan Media Video Promosi Pencegahan Perilaku Merokok di Kalangan Siswa SMP PGRI 4 Malang. Skripsi. Jurusan Teknologi Pendidikan FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H.M. Efendi M Pd. M.Kes (II) Eka Pramono Adi S.Ip M Si Kata Kunci Pengembangan Media Video Promosi Perilaku Merokok Media pembelajaran sebagai salah satu komponen sumber belajar dan merupakan bagian integral dari keseluruhan komponen pembelajaran yang menempati posisi penting dan akan turut menentukan keberhasilan penyelenggaraan pembelajaran. Video promosi pada dasarnya adalah video yang di rancang dengan tujuan untuk mempengaruhi agar audiens mengikuti apa yang menjadi tujuan dari video itu di buat. Kebiasaan merokok merupakan kebiasaan buruk. Kebiasaan merokok meningkatkan resiko timbulnya berbagai penyakit seperti penyakit jantung dan penyakit ganggguan pembuluh darah kanker paru-paru kanker rongga mulut kanker laring kanker osefagus bronkitis tekanan darah tinggi impotensi serta gangguan kehamilan dan cacat pada janin. Diantara mereka yang memiliki kebiasaan merokok adalah anak usia sekolah bahkan masih berseragam SMP Tujuan dari pengembangan media ini adalah untuk memberi alternatif media kampanye tentang bahaya anti rokok kepada para pelajar agar tidak terjerumus kepada kebiasaan buruk merokok yang merusak kesehatan. Subjek uji coba dalam pengembangan media video promosi ini adalah siswa SMP PGRI 4 Malang. Pengumpulan data di lakukan melalui angket yang di validasi kepada ahli media ahli materi dan audiens. Sedangkan untuk menguji kedalaman materi yang di sajikan digunakan angket pandangan siswa yang di uji cobakan melalui pre-test dan post-test. Analisis data yang digunakan untuk mengolah hasil validasi ahli media ahli materi dan audiens adalah prosentase sedangkan untuk mengolah hasil pre-test dan post-test siswa digunakan uji t. Hasil pengembangan media video promosi ini memenuhi kriteria valid yakni dengan hasil uji ahli media mencapai tingkat kevalidan 95 % ahli materi tingkat kevalidan 92 5 % dan audiens tingkat kevalidan 87 5 % dengan prosentase rata-rata 91 7 %. Sedangkan untuk hasil belajar menunjukkan thitung ttabel sehingga pengujian hipotesis rumus statistik Ho ditolak dan H1 diterima karena ada perbedaan antara sebelum dan sesudah menggunakan media video pembelajaran. Saran yang diajukan hendaknya produk media video pembelajaran yang telah dikembangkan ini ditindak lanjuti dalam kegiatan pasca pengembangan pada hal-hal yang berkenaan dengan nilai kemampuan terapan dan kontribusi media terhadap aspek-aspek pembelajaran secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53

Actions (login required)

View Item View Item