Penerapan model pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1, SMA Negeri 1 Gondang, Tulungagung pada mata pelajaran geografi / Frengki Desi Kayanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1, SMA Negeri 1 Gondang, Tulungagung pada mata pelajaran geografi / Frengki Desi Kayanto

Kayanto, Frengki Desi (2012) Penerapan model pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1, SMA Negeri 1 Gondang, Tulungagung pada mata pelajaran geografi / Frengki Desi Kayanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran kooperatif model Student Teams-Achievment Divisions (STAD) Hasil belajar Berdasarkan observasi terhadap proses pembelajaran yang dilakukan di SMA Negeri 1 Gondang Tulungagung diketahui bahwa belum terjadi proses pembelajaran yang terpusat. Guru menjadi satu-satunya sumber informasi bagi siswa guru belum menggunakan model-model pembelajaran sebagai strategi dalam pembelajaran selain itu siswa masih mengandalkan LKS menjadi satu-satunya sumber pembelajaran. Guru juga belum bisa memotivasi semangat belajar siswa sehingga suasana belajar cenderung membosankan. Berdasarkan observasi dari dokumen penilaian hasil belajar dan biografi umum para siswa menunjukkan bahwa nilai tes pada materi sebelumnya hanya terdapat 15 siswa yang mendapatkan nilai ketuntasan dan 21 siswa yang mendapat nilai di bawah KKM. Kemudian berdasarkan dokumentasi biografi siswa menunjukkan bahwa rata-rata pekerjaan orang tua siswa adalah petani. Setiap siswa memiliki kondisi perekonomian yang masih rendah sehingga mereka harus membantu orang tuanya untuk bekerja atau menjaga adiknya karena rata-rata memiliki saudara 3 sehingga tidak memiliki waktu belajar yang cukup untuk belajar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dilakukan penelitian dengan menerapan metode pembelajaran Student Teams-Achievment Divisions (STAD) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Gondangan Tulungagung dalam mata pelajaran IPS Geografi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari 2 siklus siklus pertama dilaksanakan dalam 2 pertemuan dan siklus kedua juga dilaksanakan dalam 2 pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari kegiatan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di kelas XI IPS 1 dengan jumlah siswa 36 orang. Data dalam penelitian ini berupa hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes hasil observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada peningkatan hasil belajar Geografi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Gondang Tulungagung. Rata-rata nilai sebelum tindakan adalah 66 22 mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 79 86 dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 82 75. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan (1) bagi guru IPS Geografi model pembelajaran Student Teams-Achievment Divisions (STAD) dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa (2) Perlu memperhatikan tingkat kesulitan butir soal dan alokasi waktu agar tujuan pembelajaran dapat berlangsung serta tahapan pelaksanaan kegiatan pembelajaran dapat berlangsung dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52996

Actions (login required)

View Item View Item