Penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa Kelas VII pada materi kondisi geografis dan penduduk di SMP Negeri II Laren Kabupaten Lamongan / Kiftirul Afni - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa Kelas VII pada materi kondisi geografis dan penduduk di SMP Negeri II Laren Kabupaten Lamongan / Kiftirul Afni

Afni, Kiftirul (2012) Penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa Kelas VII pada materi kondisi geografis dan penduduk di SMP Negeri II Laren Kabupaten Lamongan / Kiftirul Afni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Model Pembelajaran TPS Hasil Belajar Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di kelas VII pada mata pelajaran Geografi diketahui bahwa pembelajaran di sekolah masih dilakukan dengan metode ceramah sehingga siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Kemampuan siswa pada ranah kognitif masih rendah yang ditunjukkan dengan nilai hasil belajar siswa di bawah rata-rata. Selain itu dari 26 siswa yang tidak dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru sebesar 100% ini terlihat dari nilai rata-rata kurang dari 70. Tidak ada siswa yang mendapatkan nilai di atas 7 yang mendapat nilai 50-70 tediri dari 10 siswa dengan persentasi 38 5% selebihnya memperoleh nilai kurang dari 50 dengan persentase 61 5%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Kabupaten Lamongan melalui model pembelajaran TPS pada Materi Kondisi Geografis dan Penduduk. Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tindakan berupa penerapan pembelajaran TPS. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus dan tiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan dengan disertai perbaikan tiap siklusnya. Subyek penelitian ini adalah siswa SMP N 2 Laren kelas VII dengan jumlah 26 siswa. Instrumen penelitian berupa tes penilaian hasil belajar siswa lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran dan catatan lapangan serta instrumen pembelajaran meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) lengkap dengan LKS dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan persentase. Penerapan pembelajaran TPS menunjukkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Peningkatan ini dapat dilihat dari ketuntasan belajar secara keseluruhan pada perbandingan siklus I dengan siklus II. Indikator keberhasilan untuk ranah kognitif terjadi peningkatan belajar sebesar 26 9%. Berdasarkan penelitian dikemukakan beberapa saran a). Bagi siswa disarankan untuk memperhatikan guru saat menjelaskan aktif saat pembelajaran berani mengungkapkan pendapat dan jangan ramai saat pembelajaran berlangsung b). Guru juga sebaiknya memberikan penjelasan tentang model TPS kepada siswa dengan jelas sehingga siswa tidak merasa bingung dan guru harus memperhatikan alokasi waktu yang terdapat pada RPP supaya tahap-tahap dalam TPS dapat berjalan dengan baik.c). Bagi peneliti agar dikembangkan lebih lanjut pada materi lain mata pelajaran lain. dan hendaknya semua aspek yang dapat mengganggu proses pembelajaran dihindari seperti alokasi waktu yang tepat membuat LKS dengan bahasa yang lugas dan komunikatif dan menciptakan suasana yang memberikan kenyamanan bagi siswa untuk belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52990

Actions (login required)

View Item View Item