Penerapan model pembelajaran kooperatif teams games tournament (TGT) untuk meningkatkan tiga unsur pembelajaran kooperatif dan prestasi belajar IPS Geografi siswa kelas VII-C semester II SMPN 9 Malang / Lativa Qurrota'aini - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif teams games tournament (TGT) untuk meningkatkan tiga unsur pembelajaran kooperatif dan prestasi belajar IPS Geografi siswa kelas VII-C semester II SMPN 9 Malang / Lativa Qurrota'aini

Qurrota'Aini, Lativa (2012) Penerapan model pembelajaran kooperatif teams games tournament (TGT) untuk meningkatkan tiga unsur pembelajaran kooperatif dan prestasi belajar IPS Geografi siswa kelas VII-C semester II SMPN 9 Malang / Lativa Qurrota'aini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) tiga unsur pembelajaran kooperatif prestasi belajar Salah satu penyebab rendahnya kualitas pembelajaran adalah kurangnya keberhasilan dalam pembelajaran. Hal ini disebabkan karena penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat sehingga berpengaruh terhadap keaktifan siswa dan prestasi belajar siswa. Hasil observasi awal didapatkan data bahwa skor keaktifan masih rendah dengan rata-rata 4 65. Rendahnya keaktifan siswa tersebut berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 55 6 atau belum memenuhi KKM yaitu 70 dengan ketuntasan klasikal sebesar 40%. Berdasarkan hal tersebut perlu dilakukan peningkatan kualitas pembelajaran dengan cara meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sehingga akan meningkatkan prestasi belajar siswa. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah menerapkan model pembelajaran TGT. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-C SMPN 9 Malang Semester II dengan jumlah 40 siswa. Kompetensi Dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kondisi Fisik dan Sosial Suatu Wilayah Serta Pengaruhnya Terhadap Kehidupan Penduduk. Tujuan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif TGT untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa. Data dalam penelitian ini terdiri dari data keaktifan siswa dan prestasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi observasi dan tes tertulis. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi dan soal tes tertulis. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara membandingkan hasil observasi awal Siklus I Siklus II dan selanjutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan siswa mengalami peningkatan. Rata-rata keaktifan siswa pada data awal 4 65 pada Siklus I meningkat menjadi 5 75 dan pada Siklus II meningkat menjadi 7 85. Prestasi belajar siswa yang diukur dengan rata-rata dan ketuntasan klasikal juga mengalami peningkatan. Secara berturut-turut rata-rata prestasi belajar siswa pada data awal 55 6 pada Siklus I meningkat menjadi 70 75 dan pada Siklus II meningkat menjadi 85 25. Sedangkan ketuntasan klasikal siswa pada data awal sebesar 40% Siklus I sebesar 67 5% dan Siklus II mencapai 87 5%. Ketuntasan klasikal pada Siklus II telah melebihi 85% sehingga tidak perlu dilakukan siklus selanjutnya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TGT dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa. Disarankan bagi guru IPS Geografi di SMPN 9 Malang agar menerapkan model pembelajaran kooperatif TGT sebagai salah satu alternatif model pembelajaran Geografi dalam meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52973

Actions (login required)

View Item View Item