Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII C semester I SMP laboratorium Universitas Negeri Malang pada kompetensi dasar mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan upaya penangg - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII C semester I SMP laboratorium Universitas Negeri Malang pada kompetensi dasar mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan upaya penangg

Basit, Abdul (2012) Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII C semester I SMP laboratorium Universitas Negeri Malang pada kompetensi dasar mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan upaya penangg. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Model GI Aktivitas Hasil Belajar Geografi Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada tanggal 6 Agustus 2011 di kelas VIII C SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang diketahui bahwa 75% kegiatan pembelajaran masih didominasi oleh guru mata pelajaran siswa hanya duduk untuk mencatat dan mendengarkan ceramah guru sedangkan untuk kegiatan tindak lanjut siswa harus mengerjakan modul yang telah dibuat oleh guru mata pelajaran. Hasil wawancara diketahui bahwa hanya 9 dari 32 siswa yang mampu tuntas dan memenuhi KKM di sekolah yaitu 70. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas VIII C SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Siswa yang mempunyai nilai rendah diharapkan dapat meningkatkan hasil belajarnya melalui model pembelajaran yang diterapkan pada penelitian ini. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom action research). Model yang digunakan pada penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) dan diberlakukan pada kelas VIII C semester I di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang dan pada pokok bahasan mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas VIII C SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang setelah pelaksanaan proses pembelajaran GI siklus I dan siklus II. Tes hasil belajar diperoleh peningkatan ketuntasan dari siklus satu yaitu 66% naik menjadi 84% pada siklus dua dari jumlah keseluruhan siswa. Dengan rata-rata nilai hasil belajar pada siklus satu yaitu 66 25 menjadi 78 59 pada siklus dua. Persentase peningkatan pada penelitian ini sebanyak 18 53%. Sedangkan aktivitas belajar pada siklus I yaitu 50% dan siklus II yaitu 88% dengan presentase peningkatan sebesar 20 80%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka saran yang dapat diberikan yaitu model pembelajaran Group Investigation dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran yang berguna dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa sehingga dapat meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52967

Actions (login required)

View Item View Item