Pengetahuan dan sikap masyarakat Kecamatan Pujon Kabupaten Malang terhadap fungsi hutan / Ditowira Dissastra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengetahuan dan sikap masyarakat Kecamatan Pujon Kabupaten Malang terhadap fungsi hutan / Ditowira Dissastra

Dissastra, Ditowira (2012) Pengetahuan dan sikap masyarakat Kecamatan Pujon Kabupaten Malang terhadap fungsi hutan / Ditowira Dissastra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengetahuan sikap fungsi hutan. Hutan memiliki tiga fungsi utama yaitu lindung konservasi dan produksi. Adanya kerusakan fungsi hutan dapat menyebabkan terjadinya bencana banjir bandang seperti di Kecamatan Pujon Kabupaten Malang tahun 2010. Kawasan hutan lindung dimanfaatkan masyarakat setempat menjadi lahan produksi luas area hutan tahun 1990 sebesar 9.750 ha berkurang 2.750 ha menjadi 7.000 ha pada tahun 2005 dan masih maraknya pencurian pohon dalam lima tahun terakhir hingga tahun 2010. Untuk mengantisipasi hal tersebut diperlukan upaya konservasi oleh Perhutani dengan masyarakat setempat dalam menjaga kelestarian fungsi hutan. Pentingnya upaya ini didasarkan atas kenyataaan bahwa secara psikologis pengetahuan dan sikap seseorang cenderung berpengaruh terhadap perilakunya. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik deskriptif meliputi ukuran penyebaran pemusatan dan penyimpangan baku yang bertujuan untuk mendeskripsikan pengetahuan dan sikap masyarakat terhadap fungsi hutan. Metode pengambilan sampel di daerah penelitian menggunakan proporsional random sampling sejumlah 60 responden dari 2.684 kepala keluarga di Desa Sukomulyo dan Bendosari dari 10 desa yang ada di Kecamatan Pujon. Variabel dalam penelitian ini adalah pengetahuan dan sikap masyarakat terhadap fungsi hutan. Pengambilan data pengetahuan masyarakat mengenai fungsi hutan diukur dengan tes dalam bentuk soal pilihan ganda sedangkan sikap masyarakat terhadap fungsi hutan menggunakan Skala Likert dengan 4 alternatif jawaban yaitu Sangat Setuju (SS) Setuju (S) Kurang Setuju (KS) dan Tidak Setuju (TS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan rata-rata masyarakat Kecamatan Pujon Kabupaten Malang adalah tamatan SD/sederajat sebesar 50 38% sedangkan di daerah penelitian sebesar 45 00% tamatan SD/sederajat. Pengetahuan masyarakat mengenai fungsi hutan tergolong sedang dengan penyebaran data relatif (persentase) sebesar 56 67% pemusatan data dengan mean 10 35 median 10 50 sedangkan mode 12 yang berarti tingkat pengetahuan tergolong tinggi dan standart deviation 1 964. Sedangkan sikap masyarakat terhadap fungsi hutan tergolong cukup baik dengan penyebaran data relatif (persentase) sebesar 65 00% pemusatan data dengan mean 52 63 median dan mode sama-sama 53 00 serta standart deviation 3 329. Dalam hal ini Perhutani sebaiknya mampu merangkul dan meningkatkan peran aktif masyarakat yang tercermin dalam kehidupan sehari-hari dalam memanfaatkan dan menjaga fungsi hutan. Selain itu Perhutani dapat mengadakan penyuluhan dan kerjasama yang lebih baik dengan masyarakat. Masyarakat Kecamatan Pujon Kabupaten Malang yang sebagian besar pesanggem (88 34%) membutuhkan lahan pertanian untuk 2 digarap sehingga dibutuhkan kerjasama yang baik dengan Perhutani untuk tetap menjaga keseimbangan alam khususnya kelestarian fungsi hutan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52965

Actions (login required)

View Item View Item