Penerapan metode pemberian tugas untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas X.7 SMA Negeri 1 Tumpang / Risqiyati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pemberian tugas untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas X.7 SMA Negeri 1 Tumpang / Risqiyati

Risqiyati (2011) Penerapan metode pemberian tugas untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas X.7 SMA Negeri 1 Tumpang / Risqiyati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci hasil belajar metode pemberian tugas Keberhasilan dalam pembelajaran dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain yaitu guru siswa dan lingkungan belajar. Guru dan siswa merupakan dua faktor terpenting dalam proses pembelajaran. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru perlu memahami hal-hal yang mempengaruhi proses belajar siswa. Selain itu guru juga harus memperhatikan metode pembelajaran efektif yang dapat membantu siswa agar dapat belajar secara optimal dan mampu meningkatkan aktifitas siswa dalam proses belajar. Berdasarkan wawancara dengan guru SMA Negeri 1 Tumpang terdapat beberapa kelemahan yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu 1) dalam penyampaian materi biasanya guru menggunakan metode ceramah dan diskusi 2) semua siswa tidak memiliki buku pegangan sendiri untuk mata pelajaran geografi 3) guru jarang memberikan tugas (4) 32 siswa mendapat remidi karena tidak memperoleh nilai tuntas 75 mereka tidak menguasai materi yang diberikan. Siswa yang tuntas sekitar 4 orang (11%) dari jumlah 36 anak dan (5) rendahnya motivasi siswa pada saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.7 SMA Negeri 1 Tumpang melalui penerapan metode pemberian tugas. Penelitian ini dirancang dengan Penelitian Tindakan Kelas. Disusun dalam satuan siklus meliputi (1)Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Pengamatan dan (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa melalui penerapan metode pemberian tugas mengalami peningkatan sebesar 64% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 14%. Hasil belajar siswa pada siklus I memiliki rata-rata 80 dan pada siklus II memiliki rata-rata 87 maka diperoleh selisih tingkat keberhasilan untuk hasil belajar sebesar 7. Hasil perhitungan yang telah dilakukan menunjukkan hasil persentase keberhasilan sebesar 14%. Berdasarkan pembahasan disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan metode pemberian tugas. Penerapan metode pemberian tugas tersebut dapat merangsang pola pikir siswa sehingga berdampak pada hasil belajar mereka. Oleh sebab itu disarankan bagi guru (1) agar perolehan hasil belajar meningkat sebaiknya temuan penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dengan menerapkan metode pemberian tugas dan (2) perlu pengelolaan kelas yang lebih baik terutama dalam mengatasi siswa yang sering ramai dan gaduh dalam proses pembelajaran sehingga kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52961

Actions (login required)

View Item View Item