Penerapan model pembelajaran peta pikiran (mind map) untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Kesamben Kabupaten Blitar / Wakhidatus Sholikhah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran peta pikiran (mind map) untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Kesamben Kabupaten Blitar / Wakhidatus Sholikhah

Sholikhah, Wakhidatus (2011) Penerapan model pembelajaran peta pikiran (mind map) untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Kesamben Kabupaten Blitar / Wakhidatus Sholikhah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci model pembelajaran peta pikiran (mind map) hasil belajar geografi. Berdasarkan hasil observasi awal diketahui bahwa hasil belajar geografi siswa kelas X-6 SMAN 1 Kesamben 100% masih dibawah KKM dengan nilai rata-rata 57 35. Mayoritas siswa kurang dapat memahami dan mengingat materi-materi geografi terutama untuk materi yang mengandung pemahaman konseptual. Kesulitan pemahaman tersebut disebabkan oleh banyaknya materi dan banyaknya istilah dalam pelajaran geografi. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman dan daya ingat siswa terhadap materi pelajaran adalah dengan membelajarkan siswa cara mencatat yang baik. Mind map merupakan salah satu bentuk metode mencatat yang dikembangkan oleh Tony Buzan pada tahun 1970-an berdasarkan hasil penelitian cara otak memproses informasi sedangkan penggunaan mind map sebagai model pembelajaran di kelas telah dikenalkan oleh Melvin L. Silberman sekitar tahun 1996 melalui bukunya yang berjudul Active Learning 101 Strategies to Teach Any Subject. Untuk itu dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran peta pikiran (mind map) di kelas X-6 SMAN 1 Kesamben Kabupaten Blitar. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar Geografi dengan menerapkan model pembelajaran peta pikiran (mind map). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dan tiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Penelitian dilaksanakan pada bulan April dan Mei 2011. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa mulai dari pra tindakan siklus I hingga siklus II. Pada pra tindakan nilai rata-rata kelas sebesar 57 35 pada siklus I naik menjadi 64 dan siklus II naik kembali menjadi 87. Persentase hasil belajar siswa yang mencapai KKM juga mengalami peningkatan yaitu 35% pada siklus I dan 94% pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut disarankan bagi guru geografi agar menggunakan model pembelajaran peta pikiran (mind map) sebagai salah satu alternatif pembelajaran di kelas guna meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian sejenis dalam rangka memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran peta pikiran (mind map) namun dengan subjek penelitian yang berbeda guna meningkatkan kemampuan analisis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52936

Actions (login required)

View Item View Item