Auliyah, Aniswatin (2011) Penerapan pembelajaran kooperatif model Students Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas VII D semester II SMP Laboratorium UM / Aniswatin Auliyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci pembelajaran kooperatif model STAD hasil belajar geografi Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan mulai tanggal 8 Februari 2011 sampai 1 Maret 2011 di kelas VII D SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang diketahui bahwa sebagian besar kegiatan pembelajaran masih didominasi oleh guru mata pelajaran siswa hanya duduk untuk mencatat dan mendengarkan ceramah guru sedangkan untuk kegiatan tindak lanjut siswa harus mengerjakan modul yang telah dibuat oleh guru mata pelajaran. Sedangkan pada hasil wawancara diketahui bahwa hanya 9 dari 33 siswa yang mampu tuntas dan memenuhi KKM di sekolah yaitu 65. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas VII D SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Siswa yang mempunyai nilai rendah diharapkan dapat meningkatkan hasil belajarnya melalui model pembelajaran yang diterapkan pada penelitian ini. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom action research). Model yang digunakan pada penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif Students Teams Achievement Division (STAD) dan diberlakukan pada kelas VII D semester II di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang dan pada pokok bahasan mendeskripsikan pola kegiatan ekonomi penduduk penggunaan lahan dan pola permukiman berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas VII D SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang setelah pelaksanaan proses pembelajaran STAD siklus I dan siklus II. Tes hasil belajar diperoleh peningkatan ketuntasan dari siklus satu yaitu 60 61% naik menjadi 90 90% pada siklus dua dari jumlah keseluruhan siswa. Dengan ratarata nilai hasil belajar pada siklus satu yaitu 64 61 menjadi 80 06 pada siklus dua. Persentase peningkatan pada penelitian ini sebanyak 23 91%. Secara umum dalam penerapan model pembelajaran kooperatif Students Teams Achievement Division (STAD) sudah baik namun memerlukan banyak pembenahan pada beberapa tahapan pembelajaran model STAD tersebut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Sep 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/52929 |
Actions (login required)
View Item |