Penerapan model pembelajaran two stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar geografi siswa kelas X6 SMAN 6 Malang / Dwi Ratna Anggraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran two stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar geografi siswa kelas X6 SMAN 6 Malang / Dwi Ratna Anggraini

Anggraini, Dwi Ratna (2011) Penerapan model pembelajaran two stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar geografi siswa kelas X6 SMAN 6 Malang / Dwi Ratna Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci model pembelajaran TSTS keaktifan belajar siswa hasil belajar geografi siswa Berdasarkan hasil observasi pada tanggal 9 Februari 2011 di kelas X6 SMA Negeri 6 Malang diketahui bahwa 27 siswa masih kurang aktif di dalam proses pembelajaran dikarenakan siswa kurang memiliki motivasi dalam belajar. Pada saat penerapan metode belajar diskusi sebagian besar siswa kurang dapat memenuhi indikator keaktifan dan didapatkan data sebagai berikut yaitu siswa yang aktif melakukan diskusi mencapai 48 09% aktif berbagi tugas mencapai 27 61% aktif bertanya 42 86% dan aktif merespon terhadap guru mencapai 55 24% dari 37 siswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru geografi SMA Negeri 6 Malang diketahui bahwa nilai hasil belajar geografi masih rendah. Dari SKM yang ditetapkan hanya 15 siswa yang memperoleh nilai lebih besar atau sama dengan 75 pada ulangan harian pertama dan 22 siswa yang lain mendapat nilai kurang dari 75. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Pengambilan data dilaksanakan dengan observasi dan tes tulis. Penelitian dilaksanakan di kelas X6 SMAN 6 Malang dengan jumlah siswa 35 orang pada Kompetensi Dasar Menganalisis Atmosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Di Muka Bumi. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa keaktifan dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada peningkatan keaktifan belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata persentase keaktifan kelas sebesar 22 7 (53 36%) pada siklus I meningkat menjadi 10 95 (16 78%) pada siklus II. Hasil penelitian juga menunjukkan peningkatan hasil belajar Geografi siswa kelas X6 SMAN 6 Malang. Peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 7 15 (10 32%) meningkat menjadi 6 31 (8 25%) pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran TSTS dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Adapun saran yang diberikan yaitu (1) guru perlu menerapkan model pembelajaran TSTS sebagai salah satu model alternatif dalam kegiatan pembelajaran (2) sekolah disarankan untuk menerapkan model pembelajaran TSTS ketika ditemukan permasalahan keaktifan dan hasil belajar (3) bagi peneliti lanjut dapat melakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran TSTS dengan memberikan variasi model atau variabel lain di dalam pelaksanaannya

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52924

Actions (login required)

View Item View Item