Pengaruh penerapan model think pair share terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI MAN Malang 1 / Wahyu Setiyawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model think pair share terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI MAN Malang 1 / Wahyu Setiyawan

Setiyawan, Wahyu (2011) Pengaruh penerapan model think pair share terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI MAN Malang 1 / Wahyu Setiyawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i Kata Kunci think pair share hasil belajar geografi Salah satu indikator untuk mengukur keberhasilan dalam proses pembelajaran adalah hasil belajar siswa. Faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah pemilihan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Dalam penerapan model pembelajaran sebaiknya guru memperhatikan karakteristik materi dan siswa. Pada mata pelajaran Geografi khususnya materi antroposfer dan aspek kependudukan materi yang dipelajari begitu kompleks. Dengan demikian dalam proses pembelajaran siswa perlu ikut berperan aktif agar materi yang disajikan guru mudah dipahami dan diterima siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan peran aktif siswa dalam pembelajaran adalah model Think Pair Share. Keunggulan dari model ini adalah menghendaki siswa untuk lebih banyak berfikir menjawab dan saling membantu apabila mengalami kesulitan dalam kegitan pembelajaran. Dengan adanya keunggulan yang dimiliki oleh model Think Pair Share diharapkan siswa lebih mudah dalam memahami dan menerima materi yang disajikan oleh guru sehingga hasil belajar mereka akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Think Pair Share terhadap hasil belajar Geografi siswa kelas XI MAN Malang 1. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan mengambil subjek penelitian dua kelas yaitu kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan penerapan model Think pair Share dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran seperti biasanya yaitu metode ceramah tanya jawab dan diskusi kelompok besar. Instrumen penelitian berupa tes untuk prates dan pascates. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t tidak berpasangan (Independent Samples Test) yang dapat diselesaikan dengan bantuan SPSS 14.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar geografi siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dari hasil analisis data diketahui bahwa hasil belajar Geografi siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi 3 25 dari pada rata-rata hasil belajar Geografi siswa kelas kontrol. Rata-rata kelas eksperimen sebesar 15 13 sedangkan pada kelas kontrol memiliki rata-rata 11 88. Hasil analisis dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa signifikansi sebesar 0 035. Dengan demikian nilai signifikansi 0 035 0 05 maka Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Pair Share berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI MAN Malang 1. Disarankan bagi Guru mata pelajaran Geografi hendaknya mulai mencoba menerapkan model pembelajaran Think Pair Share di dalam proses pembelajaran karena model tersebut dapat meningkatkan hasil belajar Geografi siswa. Bagi peneliti lain penelitian ini hanya terbatas pada materi fenomena antroposfer dan aspek kependudukan untuk itu disarankan agar dilakukan penelitian pada materi yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52921

Actions (login required)

View Item View Item