Penerapan problem based learning pada mata pelajaran geografi untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Blitar / Puspita Indra Wardhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan problem based learning pada mata pelajaran geografi untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Blitar / Puspita Indra Wardhani

Wardhani, Puspita Indra (2011) Penerapan problem based learning pada mata pelajaran geografi untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Blitar / Puspita Indra Wardhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Problem Based Learning kemampuan memecahkan masalah hasil belajar Fakta pembelajaran geografi di SMP Negeri 9 Blitar menunjukkan bahwa (1) evaluasi hasil belajar siswa kelas VIII F pada materi Permasalahan Penduduk dan Dampaknya terhadap Pembangunan didapatkan nilai rata-rata hasil tes kognitif yang rendah yaitu sebesar 48 siswa (60%) belum mencapai KKM mata pelajaran geografi. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep geografi siswa masih rendah. (2) kemampuan dalam memecahkan masalah siswa kelas VIII F masih kurang berdasarkan hasil observasi sebelumnya siswa yang belum mampu memecahkan masalah sebesar 21 siswa. Hal ini menunjukkan bahwa siswa belum dapat berpikir kritis dalam menanggapi masalah yang ada di sekitarnya. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Blitar pada semester genap tahun ajaran 2010/2011 pada tanggal 13 November 2010 - 4 Februari 2011. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus. Tahapan tiap siklus meliputi observasi awal pemberian tindakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara klasikal pada siklus 1 dan 2 skor rata-rata kemampuan memecahkan masalah berturut-turut sebesar 3 5 (cukup mampu) dan 4 (mampu). Rata-rata skor tes hasil belajar siswa pada siklus 1 dan 2 berturut-turut sebesar 76 dan 82. Dari hasil penelitian disarankan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning diterapkan untuk materi lingkungan dan didukung dengan media yang relevan. Siswa yang berkemampuan rendah dan mengalami kesulitan terhadap materi yang diajarkan untuk lebih diperhatikan agar diskusi dapat berjalan lancar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52914

Actions (login required)

View Item View Item