Penerapan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran geografi kelas XI IS 1 semester genap tahun ajaran 2010/2011 pada kompetensi dasar mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berk - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran geografi kelas XI IS 1 semester genap tahun ajaran 2010/2011 pada kompetensi dasar mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berk

Santika (2011) Penerapan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran geografi kelas XI IS 1 semester genap tahun ajaran 2010/2011 pada kompetensi dasar mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berk. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Model Pembelajaran Group Investigation (GI) hasil belajar. Hasil observasi awal diketahui bahwa terdapat 22 siswa (61 11%) perhatian terhadap pembelajaran geografi belum maksimal. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar siswa kurang tuntas dengan standar keberhasilan mengajar 75. Dari 36 siswa yang terdiri dari 14siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan kebanyakan nilai akhir ujian siswa kurang dari 75 yang tuntas hanya 12 siswa (33 33%) sedangkan yang tidak tuntas 24 siswa (66 66%). Dari hasil wawancara dengan guru geografi yang dilakukan di SMAN 1 Tumpang dapat diketahui dari 36 siswa terdapat 31 siswa (86 11%) kurang mampu mengemukakan pendapatnya dan 5 siswa (13 88%) yang bisa menyampaikan pendapatnya akibatnya siswa terlihat sangat pasif dalam kegiatan pembelajaran selain itu terdapat 26 siswa (72 22%) kurang berdiskusi dengan temannya sehingga diskusi kurang berjalan dengan maksimal yang aktif dalam berdiskusi hanya 10 siswa (27 7%) selain itu rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi metode yang diberikan oleh guru monoton sehingga siswa kurang bisa memahami materi yang diberikan oleh guru. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang rendah terhadap mata pelajaran Geografi dimana untuk nilai ulangan semester yang tuntas hanya 12 siswa (33 33%) sedangkan untuk nilai tugas hanya 22 siswa (61 11%) yang bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik. Inilah yang menjadi dasar pemikiran peneliti dalam pengambilan judul penelitian ini. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa. Upaya untuk mencapai tujuan tersebut maka penelitian ini dirancang dengan model penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada bulan Februari April 2011. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IS1 yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus Teknik pengumpulan data melalui tes. Tindakan yang dilakukan yaitu pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan mulai dari pra tindakan ke siklus 1 dan siklus 1 ke siklus 2. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra tindakan sebesar 69 75 pada siklus 1 meningkat menjadi 74 55 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 80 08. Ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan pada proses pembelajaran pra tindakan sebesar 33% siklus 1 sebesar 69% dan pada siklus 2 menjadi 86%. Berdasarkan hasil tersebut disarankan (1) Bagi guru geografi agar menggunakan model Group Investigation untuk meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian sejenis dalam rangka memperbaiki kualitas pembelajaran kooperatif model Group Investigation dengan subjek penelitian yang berbeda

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52906

Actions (login required)

View Item View Item