Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran group investigation kelas X-E SMA Islam Malang pada mata pelajaran geografi pokok bahasan litosfer dan pedosfer / Reny Budi Prastiwi

Prastiwi, Reny Budi (2011) Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran group investigation kelas X-E SMA Islam Malang pada mata pelajaran geografi pokok bahasan litosfer dan pedosfer / Reny Budi Prastiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: pembelajaran model Group Investigation, aktivitas siswa, hasil belajar Berdasarkan observasi awal terkait aktivitas belajar siswa dan wawancara yang dilakukan dengan guru dan siswa kelas X-E SMA Islam Malang tanggal 14 Oktober 2010, menunjukkan bahwa sebagian besar proses pembelajaran masih didominasi oleh guru dan siswa cenderung pasif, siswa merasa jenuh jika selama 2 ?ù 45 menit kegiatan pembelajaran tanpa ada aktivitas yang menyenangkan, cara belajar siswa menggunakan metode menghafal, sehingga materi yang telah dihafalkan tersebut mudah untuk di lupakan, dan di luar jam pelajaran di sekolah (di rumah) siswa jarang mempelajari mata pelajaran geografi. Hasil analisis daftar nilai mata pelajaran geografi hanya terdapat 22,22% siswa tuntas belajar, dan pada aktivitas siswa hanya sebesar 19,44% siswa mencapai taraf keberhasilan. Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu diterapkan pembelajaran yang mampu mengarahkan siswa untuk menumbuhkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Alternatif pembelajaran tersebut adalah penerapan pembelajaran model Group Investigation. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation. Upaya untuk mencapai tujuan tersebut, maka penelitian ini dirancang dengan model penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada bulan Januari-Februari 2011. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X-E yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, teknik pengumpulan data melalui tes, sedangkan aktivitas siswa menggunakan lembar observasi aktivitas siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Aktivitas klasikal pada siklus I mencapai 44,44% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 80,55%, sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 55,56% pada siklus II meningkat menjadi 83,33%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X-E SMA Islam Malang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka saran yang dapat diberikan; 1). Bagi guru geografi, model pembelajaran Group Investigation dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran yang berguna dalam meningkatankan aktivitas dan hasil belajar siswa, sehingga dapat meningkatkan mutu pengajaran di sekolah; 2). Bagi peneliti selanjutnya, model pembelajaran Group Investigation dapat digunakan pada materi yang lainnya selain materi litosfer dan pedosfer, dengan diberikan beberapa inovasi pada tahap- tahap pembelajarannya guna menyiasati kebosanan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52904

Actions (login required)

View Item View Item