Penerapan model pembelajaran student teams achievement divisions (STAD) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar geografi pada materi litosfer dan pedosfer siswa kelas X-3 SMA Negeri 2 Blitar / Deni Kristanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran student teams achievement divisions (STAD) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar geografi pada materi litosfer dan pedosfer siswa kelas X-3 SMA Negeri 2 Blitar / Deni Kristanti

Kristanti, Deni (2011) Penerapan model pembelajaran student teams achievement divisions (STAD) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar geografi pada materi litosfer dan pedosfer siswa kelas X-3 SMA Negeri 2 Blitar / Deni Kristanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan observasi dan wawancara diketahui bahwa keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X-3 SMA Negeri 2 Blitar masih rendah. Siswa yang aktif dalam bertanya sebanyak 5 siswa (15 15%) berpendapat sebanyak 4 siswa (12 12%) dan menjawab pertanyaan sebanyak 4 siswa (12 12%) sedangkan untuk hasil belajar siswa yang tidak mencapai KKM 63 64%. Hal ini diperkuat dengan pernyataan siswa bahwa bidang studi Geografi sangat membosankan karena terlalu banyak konsep yang harus dihafalkan oleh siswa siswa juga banyak yang kurang memahami tentang kegunaan manfaat dan penerapan ilmu geografi dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dalam penelitian diterapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat melatih siswa untuk bekerjasama dan memungkinkan mereka lebih aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran STAD. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Kegiatan pembelajaran terdiri dari 2 siklus setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengambilan data dilaksanakan dengan observasi dan tes tertulis. Penelitian dilaksanakan di kelas X-3 SMA Negeri 2 Blitar dengan jumlah siswa 33 orang pada materi pokok Litosfer dan Pedosfer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat bahwa rata-rata keaktifan belajar siswa siklus I mencapai 76 52% meningkat menjadi 82 14% pada siklus II. Keaktifan belajar ini ndapat menunjang meningkatnya hasil belajar siswa yakni pada siklus I rata-rata hasil belajar 79 67 meningkat menjadi 83 06 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Dengan demikian disarankan (1) Bagi sekolah hendaknya pihak sekolah memfasilitasi dan mendukung guru untuk melakukan penelitian tindakan kelas agar masalah pembelajaran dapat diatasi (2) Bagi Guru Geografi hendaknya menerapkan pembelajaran model STAD minimal 1 bulan sekali untuk mengatasi kebosanan siswa (3) Bagi peneliti selanjutnya hendaknya menerapkan model pembelajaran STAD menggunakan materi selain litosfer dan pedosfer ddengan memberikan beberapa inovasi pada tahap-tahap pembelajarannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52901

Actions (login required)

View Item View Item