Penerapan metode permainan menggunakan kartu kosakata pada pembelajaran bahasa Arab siswa kelas IV MI NU Polowijen Malang / Hanif Ramadhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode permainan menggunakan kartu kosakata pada pembelajaran bahasa Arab siswa kelas IV MI NU Polowijen Malang / Hanif Ramadhani

Ramadhani, Hanif (2015) Penerapan metode permainan menggunakan kartu kosakata pada pembelajaran bahasa Arab siswa kelas IV MI NU Polowijen Malang / Hanif Ramadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ramadhani Hanif. Penerapan Metode Permainan Menggunakan Kartu Kosakata Pada Pembelajaran Bahasa Arab Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Polowijen Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sulton M.Pd. (II) Saida Ulfa S.T M.Edu Ph.D. Kata Kunci Metode Permainan Kartu Kosakata Pembelajaran Bahasa Arab. Bahasa Arab sudah diajarkan kepada anak anak sejak jenjang Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah . Akan tetapi mempelajari bahasa Asing merupakan usaha yang tidak gampang dan kadang menjenuhkan bahkan kadang kala membuat orang frustasi Pada tahap pendidikan anak usia Sekolah Dasar siswa akan cenderung lebih tertarik dengan permainan yang di dalamnya terdapat warna-warna cerah serta gambar yang menarik perhatian karena dengan hal itu siswa akan lebih mudah memahami dan mengingat materi yang diberikan. Selain itu dengan bermain juga dapat memberikan kesempatan kepada anak untuk berfikir dan bertindak imajinatif secara langsung melibatkan diri anak tersebut sehingga dapat mendukung perkembangan kreatifitas anak. Metode permainan menggunakan kartu kosakata ini sangat cocok untuk diterapkan di usia anak SD karena secara tidak langsung dengan permainan ini siswa dapat belajar bahasa Arab dengan cara yang menyenangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Tindakan Kelas langkah- langkah penelitian tindakan kelas terdiri dari satu dua atau tiga siklus di mana pada setiap siklus tersusun atas langkah perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI NU Polowijen Malang. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif (tes hasil belajar) dan kualitatif (observasi dan wawancara). Terjadi peningkatan pelaksanaan penerapan metode permainan pada pembelajaran Bahasa Arab kelas IV pada siklus 1 dan siklus 2 adalah 75% dan 82 50%. Sehingga aktivitas guru di dalam mengikuti langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan RPP yang telah disusun mengalami peningkatan sebesar 7 5%. Dengan kata lain dalam melaksanakan penerapan metode permainan menggunakan kartu kosakata tindakan guru semakin mengalami perbaikan dari siklus 1 sampai dengan siklus 2Kemudian pada siklus II jumlah siswa yang hasil belajarnya tuntas pada saat pre tes mencapai 14 siswa atau 66 69% dari total 21 siswa. Tetapi setelah dilaksanakan metode permainan jumlah siswa yang tuntas mencapai 18 siswa atau 85%. Kemudian nilai rata rata siswa yang pada Siklus 1 hanya 72 meningkat menjadi rata rata 80 pada siklus 2. Hal ini membuktikan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah dilaksanakan metode permainan menggunakan kartu kosakata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/529

Actions (login required)

View Item View Item