Penerapan model pembelajaran think pair share untuk meningkatkan kompetensi mendeskripsikan siswa pada materi keterikatan unsur-unsur geografis dan penduduk Asia Tenggara di SMP Negeri 17 Malang / Ika Meviana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran think pair share untuk meningkatkan kompetensi mendeskripsikan siswa pada materi keterikatan unsur-unsur geografis dan penduduk Asia Tenggara di SMP Negeri 17 Malang / Ika Meviana

Meviana, Ika (2011) Penerapan model pembelajaran think pair share untuk meningkatkan kompetensi mendeskripsikan siswa pada materi keterikatan unsur-unsur geografis dan penduduk Asia Tenggara di SMP Negeri 17 Malang / Ika Meviana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pembelajaran kooperatif model TPS kompetensi mendeskripsikan siswa Hasil observasi yang dilakukan bulan Agustus sampai bulan Oktober di kelas IX B SMP Negeri 7 Malang menunjukkan bahwa pembelajaran yang berlangsung belum mengembangkan kemampuan mendeskripsikan siswa secara baik. Hal tersebut diperkuat dengan bentuk soal ulangan berupa pilihan ganda yang tidak dapat menggali kompetensi mendeskripsikan siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu dilakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan penerapan model pembelajaran TPS dapat meningkatkan kompetensi mendeskripsikan siswa kelas IX B SMP Negeri 7 Malang pada Materi Mendeskripsikan Keterkaitan Unsur-unsur Geografis dan Penduduk di Kawasan Asia Tenggara. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan metode deskriptif. Kegiatan pembelajaran terdiri dari 2 siklus. Pengambilan data dilaksanakan dengan observasi dan tes tulis. Penelitian dilaksanakan pada materi Mendeskripsikan Keterkaitan Unsur-unsur Geografis dan Penduduk di Kawasan Asia Tenggara Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi mendeskripsikan siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Kompetensi mendeskripsikan siswa pada siklus I mencapai 21 30% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 71 45%. Sedangkan kompetensi membuat outline pada siklus I mencapai 23 03% pada siklus II meningkat menjadi 71 67%. Bertitik tolak dari hasil penelitian ini disarankan (1) bagi guru geografi model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran dalam meningkatkan kompetensi mendeskripsikan siswa (2) bagi sekolah sebagai sumbangan perbaikan pembelajaran geografi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52899

Actions (login required)

View Item View Item