Pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar geografi pada topik hidrosfer kelas X MAN 1 Tulungagung / Imam Muhajirin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar geografi pada topik hidrosfer kelas X MAN 1 Tulungagung / Imam Muhajirin

Muhajirin, Imam (2011) Pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar geografi pada topik hidrosfer kelas X MAN 1 Tulungagung / Imam Muhajirin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Model Pembelajaran Cooperative Script hasil belajar geografi. Berdasarkan pengamatan yang dilaksanakan di MAN 1 Tulungagung menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran. Hal tersebut terjadi karena pola pembelajaran yang diterapkan masih kurang bervariasi sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif model Cooperative Script terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X MAN 1 Tulungagung. Penelitian ini dirancang menggunakan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan mengambil subjek penelitian dua kelas yaitu kelas X G sebagai kelas eksperimen dan kelas X B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes untuk prates dan pascates. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t tidak berpasangan (Independent Samples Test) yang dapat diselesaikan dengan bantuan SPSS 16.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar geografi siswa di MAN 1 Tulungagung. Dari hasil analisis data diketahui bahwa hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Script memiliki rata-rata sebesar 17 56 sedangkan pada kelas yang menggunakan pembalajaran konvensional memiliki rata-rata 9 06 dengan nilai taraf signifikansi dua ekor 0 000 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar Geografi siswa pada topik Hidrosfer. Disarankan bagi sekolah untuk mengadakan pelatihan terhadap guru-guru tentang model pembelajaran kooperatif khususnya Cooperative Script dalam kegiatan pembelajaran. Bagi guru Geografi untuk menggunakan model pembelajaran Cooperative Script sebagai alternatif model pembelajaran dengan cara menyelipkan atau mengganti model pembelajaran yang terdapat dalam RPP yang diberikan sekolah sesuai dengan kurikulum KTSP karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi peneliti lanjut yang meneliti tentang model pembelajaran Cooperative Script disarankan untuk mengelola waktu dengan baik agar model pembelajaran Cooperative Script terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52896

Actions (login required)

View Item View Item