Arliani, Novarina (2011) Analisis kualitas LKS geografi tingkat SMA/MA kelas X semester I pada materi pendekatan dan prinsip geografi / Novarina Arliani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci LKS Geografi SMA/MA Materi Pendekatan dan Prinsip Geografi Saat ini sebagian besar sekolah pada tingkat SMA/MA tidak mewajibkan siswanya untuk membeli buku teks. Siswa hanya diwajibkan membeli buku pendamping belajar siswa yaitu LKS. Masalah yang sering dihadapi guru dalam pembelajaran saat ini adalah memilih dan menentukan LKS yang berkualitas. Hasil analisis awal pada LKS Geografi kelas X yang banyak digunakan di SMA/MA Kota Blitar terdapat beberapa kesalahan seperti konsep yang disajikan dalam LKS tersebut tidak benar latihan soal yang disajikan tidak sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai siswa serta bahasa yang digunakan kurang efektif. Berdasarkan hasil analisis awal tersebut diasumsikan bahwa LKS Geografi kelas X terdapat kesalahan sehingga diperlukan analisis LKS untuk mengetahui kualitas mengingat pentingnya LKS dalam proses belajar mengajar. Untuk mengetahui kualitas LKS rumusan masalah penelitian sebagai berikut (1) bagaimana kualitas kelengkapan komponen dalam LKS Geografi (2) bagaimana kualitas kebenaran konsep dalam LKS Geografi pada materi Pendekatan dan Prinsip Geografi (3) bagaimana kualitas kesesuaian soal dalam LKS Geografi pada materi Pendekatan dan Prinsip Geografi (4) bagaimana kualitas kebenaran bahasa dalam LKS Geografi pada materi Pendekatan dan Prinsip Geografi . Penelitian ini dirancang dengan menggunakan teknik analisis isi. Sumber data penelitian ini adalah LKS Geografi kelas X semester 1 pada materi Pendekatan dan Prinsip Geografi yang digunakan oleh SMA/MA Negeri se-Kota Blitar pada tahun ajaran 2010/2011 terbitan CV. Viva Pakarindo. Data hasil analisis dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa format analisis. Hasil penelitian sebagai berikut pertama kelengkapan komponen LKS Geografi tergolong tinggi ini menunjukkan kualitas LKS dari aspek komponen LKS tergolong baik kedua kualitas LKS dari aspek kebenaran konsep tergolong tinggi ketiga kualitas LKS Geografi pada aspek kesesuaian soal tergolong sedang terdapat beberapa kesalahan seperti penggunaan bahasa dalam soal masih sulit dipahami keempat kualitas LKS dari aspek kebenaran bahasa untuk kebenaran tanda baca tergolong tinggi kebenaran kosa kata tergolong tinggi dan kebenaran bahasa tergolong sedang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diajukan saran-saran pertama bagi penerbit dan penulis sebaiknya LKS Geografi kelas X semester I terbitan CV. Viva Pakarindo direvisi kedua bagi guru pengajar atau calon guru hendaknya menulis LKS sendiri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jun 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/52895 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |