Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered head together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS-3 SMA Negeri 1 Kesamben Kabupaten Blitar / Nur Ahlakul Nurvensia - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered head together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS-3 SMA Negeri 1 Kesamben Kabupaten Blitar / Nur Ahlakul Nurvensia

Nurvensia, Nur Ahlakul (2011) Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered head together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS-3 SMA Negeri 1 Kesamben Kabupaten Blitar / Nur Ahlakul Nurvensia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT) hasil belajar. Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Dala kegiatan pembelajaran Geografi harus memperhatikan tingkat perkembangan intelektual dan perkembangan mental siswa oleh karena itu harus disesuaikan bahan ajar apa yang hendak dibelajarkan serta bagaimana cara membelajarkannya. Pembelajaran Geografi yang dilakukan di SMA Negeri 1 Kesamben memiliki Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) lebih besar atau sama dengan 75. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru Geografi dan observasi diketahui bahwa daya serap klasikal mata pelajaran Geografi di kelas XI IPS-3 belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM). Dari kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang telah ditetapkan tidak ada siswa yang memperoleh nilai lebih besar atau sama dengan 75 pada ulangan harian pertama. 40 siswa mendapatkan nilai kurang dari 75. Dengan demikian tidak ada siswa XI IPS-3 yang tuntas. Rata-rata nilai yang diperoleh siswa kelas XI IPS-3 adalah 47 425. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar Geografi dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus pembelajaran yang masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan pada bulan Januari 2011. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas yaitu sebesar 52 5% pada siklus I dan sebesar 87 5% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar Geografi setelah diterapkan pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT). Disarankan kepada para guru Geografi untuk mencoba menerapkan model Numbered Head Together (NHT) dalam pembelajaran khususnya Geografi agar kualitas pembelajaran Geografi semakin meningkat. Kepada pihak sekolah disarankan agar memberikan fasilitas yang menunjang keberhasilan penerapan model pembelajaran tersebut di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52894

Actions (login required)

View Item View Item