Penggunaan metode problem solving yang kontekstual untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah pada kajian pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup di kelas XI-IPS SMA Widyagama Malang / Tri Agustin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan metode problem solving yang kontekstual untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah pada kajian pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup di kelas XI-IPS SMA Widyagama Malang / Tri Agustin

Agustin, Tri (2011) Penggunaan metode problem solving yang kontekstual untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah pada kajian pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup di kelas XI-IPS SMA Widyagama Malang / Tri Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci problem solving kemampuan memecahkan masalah Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di kelas XI - IPS SMA Widyagama Malang pada tanggal 23 dan 30 Oktober 2010 diketahui bahwa dalam kegiatan pembelajaran guru telah menggunakan beberapa metode pembelajaran tetapi siswa masih kurang aktif. Dari kegiatan wawancara dengan siswa menunjukkan bahwa dalam pembelajaran geografi selama ini siswa hanya menghafal konsep dan kurang mampu untuk menggunakan konsep tersebut jika menemui masalah dalam kehidupan nyata maka perlu dilakukan penelitian tentang penerapan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa. Salah satunya dengan penggunaan metode problem solving. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan. Setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan selama 2 jam pelajaran. Subyek penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu siswa kelas XI-IPS semester genap tahun ajaran 2010-2011 SMA Widyagama Malang dengan jumlah 36 siswa terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa kemampuan memecahkan masalah siswa. Kemampuan memecahkan masalah siswa diukur berdasarkan pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan memecahkan masalah siswa kelas XI-IPS SMA Widyagama Malang pada siklus I dan pada siklus II. Aktivitas siswa yang menunjukkan indikator kemampuan memecahkan masalah semakin meningkat setelah dibentuk dua kelompok dengan topik yang sama kelompok pertama sebagai penyaji dan kelompok kedua sebagai pembanding. Siswa dapat saling bertukar pendapat untuk pemilihan solusi yang tepat dalam diskusi kelas. Dapat dikatakan bahwa kemampuan siswa dalam memecahkan masalah termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan metode problem solving yang kontekstual dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa kelas XI-IPS khususnya pada kajian pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup di SMA Widyagama Malang. Disarankan pada guru geografi untuk menggunakan metode problem solving pada materi lain dengan memunculkan permasalahan kontekstual yang dapat diungkap dan didiskusikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52893

Actions (login required)

View Item View Item