Rinjani, Rindu Alam (2011) Analisis buku pelajaran geografi kelas X SMA/Ma terbitan Erlangga pada kompetensi dasar menganalisis hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi / Rindu Alam Rinjani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci analisis buku kesesuaian isi materi dengan kurikulum kebenaran konsep kebenaran bahasa fungsi gambar hidrosfer Buku pelajaran khususnya buku teks merupakan sumber belajar yang memiliki peran penting dalam pembelajaran di sekolah terutama bagi siswa yang cenderung menggunakan buku sebagai sumber belajarnya. Buku teks diharapkan benar-benar memiliki kualitas isi yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku baik dari segi standar kurikuler isi maupun dari segi mudah atau tidaknya dicerna oleh guru dan para peserta didik agar benar-benar layak digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian isi dengan kurikulum tingkat kebenaran konsep tingkat kebenaran bahasa dan fungsi media yang terdapat dalam buku pelajaran Geografi SMA Kelas X Terbitan Erlangga oleh K. Wardiyatmoko. Rancangan penelitian menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Populasi dalam penelitian ini adalah semua buku pelajaran geografi SMA/MA kelas X yang telah beredar di Kabupaten Blitar. Penentuan sampel menggunakan Purposive Sampling yaitu dengan pertimbangan bahwa buku ajar tersebut banyak digunakan di SMA/MA Negeri di Kabupaten Blitar yaitu buku teks terbitan Erlangga dengan pengarang K. Wardiyatmoko. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen penilaian buku berupa kriteria kesesuaian. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan rubrik penilaian buku ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesesuaian isi materi Hidrosfer dalam buku ajar geografi SMA kelas X terbitan Erlangga oleh K. Wardiyatmoko tergolong tidak sesuai (beberapa materi tidak ada keluar dari hakikat pembelajaran geografi dan tidak runtut) kebenaran konsep yang terdiri dari konsep terdefinisi dan konsep konkrit dikategorikan salah kebenaran bahasa dalam buku ajar tersebut juga tergolong rendah (dari segi ejaan kosakata kalimat dan paragraf) sedangkan media yang terdapat dalam buku ajar sudah bagus dengan arti bermanfaat bagi pencapaian kompetensi dan tujuan pembelajaran. Beberapa temuan tambahan yaitu masih terdapat materi yang penjelasannya kurang lengkap penyajian materi yang tidak runtut serta gambar yang kurang menarik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa buku ajar geografi SMA kelas X terbitan Erlangga oleh K. Wardiyatmoko masih memiliki banyak kesalahan terutama dari segi kesesuaian isi dengan kurikulum konsep dan bahasa. Dari hasil kesimpulan disarankan beberapa hal yaitu (1) sebaiknya buku ajar geografi SMA kelas X terbitan Erlangga oleh K. Wardiyatmoko direvisi agar layak digunakan dalam proses pembelajaran sesuai dengan KTSP (2) dilakukan telaah terlebih dahulu sebelum penggunaan buku ajar agar kesalahan dapat diperbaiki terutama bagi seorang guru seharusnya membuat bahan ajar sendiri seperti modul pembelajaran (3) penulis buku harus memperhatikan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar agar terbentuk buku yang berkualitas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jun 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/52892 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |