Penerapan model pembelajaran kooperatif student team achievement division (STAD) berdasarkan masalah untuk meningkatkan keaktifan belajar geografi siswa kelas VIIC SMPN 1 Gampengrejo-Kediri / Arini Octaviasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif student team achievement division (STAD) berdasarkan masalah untuk meningkatkan keaktifan belajar geografi siswa kelas VIIC SMPN 1 Gampengrejo-Kediri / Arini Octaviasari

Octaviasari, Arini (2011) Penerapan model pembelajaran kooperatif student team achievement division (STAD) berdasarkan masalah untuk meningkatkan keaktifan belajar geografi siswa kelas VIIC SMPN 1 Gampengrejo-Kediri / Arini Octaviasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pembelajaran kooperatif model STAD keaktifan belajar siswa Hasil observasi pada tanggal 2 dan 5 Februari 2011 di kelas VIIC SMPN 1 Gampengrejo diketahui bahwa sebagian besar kegiatan pembelajaran masih didominasi oleh guru sedangkan siswa hanya duduk mendengarkan mencatat bahkan ada yang dalam keadaan mengantuk. Setelah penerapan metode belajar diskusi didapatkan data yaitu siswa yang aktif melakukan diskusi mencapai 39 6% aktif berbagi tugas mencapai 21 6% aktif bertanya 11 7% dan aktif merespon guru mencapai 63 1% dari 37 siswa frekuensi bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru hanya mencapai 1 sampai 2 kali saja sedangkan kualitas pertanyaannya hanya mencapai tahap C1 sampai C2. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini direncanakan dalam beberapa siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Pengambilan data dilaksanakan dengan observasi dan tes tulis. Penelitian dilaksanakan di kelas VIIC SMPN 1 Gampengrejo dengan jumlah siswa 37 orang pada materi Menganalisis Atmosfer dan Hidrosfer Serta Dampaknya Bagi Kehidupan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada peningkatan keaktifan belajar individu dan keaktifan belajar kelompok kelas yang ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata persentase keaktifan belajar individu sebesar 57 31% pada siklus I meningkat menjadi 76 69% pada siklus II. Sedangkan keaktifan belajar kelompok pada siklus I sebesar 52 64% meningkat menjadi 85 87% pada siklus II. Berdasarkan dari penelitian ini beberapa saran yaitu (1) guru perlu menerapkan model pembelajaran kooperatif STAD sebagai salah satu metode alternatif dalam kegiatan pembelajaran (2) Sekolah disarankan agar menganjurkan kepada guru-guru untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif STAD berdasarkan masalah ketika ditemukan permasalahan keaktifan belajar dalam pembelajaran (3) bagi peneliti lanjut dapat melakukan penelitian tentang penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dalam pembelajaran Geografi pada materi Geografi fisik lain untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52887

Actions (login required)

View Item View Item