Pengaruh model pembelajaran student teams achievement divisions (Stad) terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI SMA Laboratorium UM / Wahyu Adie Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran student teams achievement divisions (Stad) terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI SMA Laboratorium UM / Wahyu Adie Kurniawan

Kurniawan, Wahyu Adie (2011) Pengaruh model pembelajaran student teams achievement divisions (Stad) terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI SMA Laboratorium UM / Wahyu Adie Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci model Student Teams-Achievement Divisions hasil belajar Peningkatan mutu pembelajaran dapat diwujudkan melalui proses pembelajaran yang efektif. Pembelajaran ini ditandai oleh sifatnya yang menekankan pada pemberdayaan peserta didik secara aktif. Hasil pengamatan proses pembelajaran geografi di SMA Laboratorium UM dapat disimpulkan bahwa proses pembelajarannya masih kurang efektif. Untuk itu perlu diterapkan model pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions sebagai salah satu alternatif mewujudkan pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Student Teams-Achievement Divisions terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI SMA Laboratorium UM. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan subjek penelitian dua kelas yaitu kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS I sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes untuk prates dan pascates. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t tidak berpasangan (Independent Samples Test) yang dapat diselesaikan dengan bantuan SPSS 16.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI SMA Laboratorium UM. Hal tersebut didasarkan atas perbedaan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol serta hasil analisis uji t. Nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan model Student Teams-Achievement Divisions adalah 42 3 sedangkan rata-rata hasil belajar kelas kontrol adalah 34 13. Untuk hasil analisis uji t diperoleh nilai p (0 001) (0 05). Disarankan bagi guru geografi untuk menggunakan model pembelajaran Student Teams-Achievement sebagai bahan pertimbangan dalam pembelajaran di sekolah sehingga dapat meningkatkan hasil belajar geografi. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menerapkan model pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions dalam beberapa kali periode untuk mengetahui keefektifannya dengan mengubah susunan anggota tim tiap periodenya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Apr 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52880

Actions (login required)

View Item View Item