Penerapan pembelajaran kooperatif model think pair share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar geografi kelas VIII A SMPN 24 Malang / Muchlisotul Furda - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model think pair share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar geografi kelas VIII A SMPN 24 Malang / Muchlisotul Furda

Furda, Muchlisotul (2011) Penerapan pembelajaran kooperatif model think pair share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar geografi kelas VIII A SMPN 24 Malang / Muchlisotul Furda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pembelajaran think pair share dan hasil belajar. Demi tercapainya peningkatan kualitas pembelajaran salah satu upaya pemerintah menetapkan standar Ketuntasan minimal yang harus dicapai dalam pembelajaran baik standar ketuntasan minimal untuk keterampilan proses maupun hasil belajar yang diperoleh siswa dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi awal pada bulan Agustus 2010 dalam proses pembelajaran geografi di kelas VIII A SMPN 24 Malang tahun ajaran 2010/2011 terdapat beberapa kelemahan yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu 1) Siswa tampak kurang berminat terhadap cara guru dalam menyampaikan materi geografi dalam pembelajaran ada 3 siswa yang sering mengantuk di kelas 2) Hasil belajar siswa masih belum tuntas sekitar 77 26% atau dari 44 siswa hanya ada 10 siswa yang memperoleh nilai lebih besar atau sama dengan 70 pada ulangan harian pertama 3) Siswa masih tergantung pada lembar kerja siswa 4) Kurangnya media pembelajaran yang mendukung pembelajaran geografi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Geografi dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model TPS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus pembelajaran yang masing-masing siklus terdiri dari 1 kali pertemuan. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII A SMPN 24 Malang pada bulan Desember 2010. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan tabel persentase dan gainscore. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar Geografi siswa mengalami peningkatan. Peningkatan hasil belajar dari pra tindakan siklus I ke siklus II. Pada pra tindakan rata-rata nilai kelas 58 7 dengan persentase 18 81%. Siklus I mengalami peningkatan adalah 65 8 dengan persentase keberhasilan tindakan sebesar 45 46%. Siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar geografi siswa sebesar 71 97 dengan persentase keberhasilan tindakan sebesar 88 64%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar Geografi setelah diterapkan pembelajaran kooperatif model TPS. Disarankan kepada para guru Geografi untuk mencoba menerapkan model TPS agar kualitas pembelajaran Geografi semakin meningkat. Kepada pihak sekolah disarankan agar memberikan fasilitas yang menunjang keberhasilan penerapan model tersebut di sekolah seperti media belajar geografi yang memadai dan menerapkan beberapa metode pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52872

Actions (login required)

View Item View Item