Utomo, Margo Suwito (2011) Penerapan pembelajaran kooperatif model cooperative integrated reading and composition (CIRC) untuk meningkatkan minat dan hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS SMA Islam Malang / Margo Suwito Utomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Minat belajar Hasil belajar geografi Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) Hasil observasi awal yang dilaksanakan di kelas XI IPS 2 SMA Islam Malang pada hari Rabu 20 Agustus 2010 rata-rata siswa cenderung kurang berminat dalam belajar hal ini dapat dilihat ketika berada dalam kelas terdapat siswa yang mengobrol sendiri dan tidak mencatat penjelasan yang disampaikan oleh guru. Nilai hasil belajarnya rendah kurang dari SKM yang ditentukan 8805 70. Ketika Ulangan Harian pertama dengan topik bahasan Biosfer siswa kelas XI IPS 2 yang mendapatkan nilai di atas 70 sebanyak 16 siswa dan 20 siswa lainnya mendapatkan nilai di bawah 70. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS SMA Islam Malang dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC). CIRC dalam penelitian ini diterapkan di materi kelas XI IPS semester 1 indikator Pemanfaatan Sumber Daya Alam Secara Arif. Untuk mengukur minat siswa digunakan instrument pedoman wawancara sedangkan untuk mengukur hasil belajar siswa digunakan tes. Pedoman wawancara dan tes siswa dianalisis menggunakan persentase. Penelitan dilakukan di SMA Islam Malang mulai tanggal 19 November sampai 3 Desember 2010. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus di mana setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS 2 SMA Islam Malang sebanyak 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi setelah pelaksanaan siklus I dan setelah pelaksanaan siklus II. Peningkatan minat siswa pada mata pelajaran geografi ini dilihat dari peningkatan persentase tiap indikator minat siswa yang mengalami peningkatan sedangkan peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari peningkatan hasil tes siswa. Kesimpulan penelitian bahwa pembelajaran kooperatif model Cooperative Integrated Reading and Compotition dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS SMA Islam Malang pada kompetensi dasar Pemanfaatan Sumber Daya Alam secara Arif. Hasil tentang minat pada siklus satu indikator ketertarikan 75 71% dan pada indikator kesenangan 83 34%. Pada siklus dua meningkat menjadi 81 1% pada indikator ketertarikan dan 88 24% pada indikator kesenangan. Tes hasil belajar diperoleh peningkatan ketuntasan dari siklus satu yaitu 53 35% naik menjadi 91 18% pada siklus dua dari jumlah keseluruhan siswa. Dengan rata-rata nilai hasil belajar pada siklus satu yaitu 68 17 menjadi 78 53 pada siklus dua Secara umum dalam penerapan pembelajaran model CIRC sudah baik namun memerlukan banyak pembenahan pada beberapa tahapan pembelajaran model CIRC tersebut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Feb 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/52869 |
Actions (login required)
View Item |