Penerapan model pembelajaran team assisted individualization untuk meningkatkan keaktifan belajar geografi siswa kelas X-5 semester 2 di SMA Negeri 7 Malang / Sri Agustina

Agustina, Sri (2010) Penerapan model pembelajaran team assisted individualization untuk meningkatkan keaktifan belajar geografi siswa kelas X-5 semester 2 di SMA Negeri 7 Malang / Sri Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: keaktifan belajar, pembelajaran kooperatif model TAI Berdasarkan hasil observasi awal pada hari sabtu tanggal 12 September 2009 diperoleh gambaran kondisi siswa di kelas X-5 SMA Negeri 7 Malang yaitu keaktifan siswa masih tergolong rendah. Rendahnya keaktifan belajar siswa ini dilihat dari hasil perhitungan lembar observasi sebelum siklus. Kalkulasi perhitu- ngan aktivitas siswa di kelas X-5 di antaranya yaitu siswa yang tidak aktif belajar mencapai 72,22% sedangkan siswa yang aktif hanya 27,78%. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti mengambil langkah menerapkan model pembela- jaran Team Assisted Individualization. Tujuan penelitian ini adalah untuk me- ningkatkan keaktifan belajar geografi siswa kelas X-5 semester 2 di SMA Negeri 7 Malang dengan menerapkan model pembelajaran Team Assisted Individualiza- tion. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas yang menuntut peneliti untuk terlibat langsung dalam proses penelitian mulai dari perencanaan, penelitian hingga pelaporan data. Kegiatan penelitian terdiri dari 2 siklus penelitian, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan 4 tahapan pe- nelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X-5 SMA Negeri 7 Malang dengan jumlah siswa 36 orang, pada materi menganalisis hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan muka bumi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan keaktifan belajar siswa dengan peningkatan rata-rata keaktifan siswa sebesar 54,74% pada siklus I meningkat menjadi 83,33% pada siklus II. Peningkatan keaktifan juga dapat di-lihat dengan meningkatnya keaktifan kelompok siswa yaitu sebesar 47,92% pada siklus I menjadi 82,64% pada siklus II. Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu: (1) bagi guru disarankan untuk menggunakan model pembelajaran TAI sebagai salah satu model pembela- jaran alternatif agar dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa, (2) guru perlu mengatur pengelolaan waktu yang tepat sehingga semua kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model TAI dapat terlaksana dengan baik, (3) bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk memfokuskkan penggunaan model pembelajaran TAI dalam peningkatan keaktifan siswa untuk mengungkapkan ide/pendapat, (4) bagi peneliti selanjutnya yang berminat menggunakan pembelajaran dengan mo- del TAI agar dapat dikembangkan lebih lanjut pada materi lain dan pada mata pelajaran lain agar dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. i

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52862

Actions (login required)

View Item View Item