Pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar geografi pada topik hidrosfer kelas X SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek / Wulan Dwi Permatasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar geografi pada topik hidrosfer kelas X SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek / Wulan Dwi Permatasari

Permatasari, Wulan Dwi (2010) Pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar geografi pada topik hidrosfer kelas X SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek / Wulan Dwi Permatasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran Kooperatif Model Cooperative Script hasil belajar Berdasarkan pengamatan yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Durenan menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran. Hal tersebut terjadi karena pola pembelajaran yang masih kurang bervariasi. Selain itu hal tersebut juga berdampak pada hasil belajar siswa yang tidak optimal. Siswa tidak dapat menerima dan mengendapkan materi belajar lebih banyak yang disajikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar Geografi pada topik hidrosfer kelas X SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan mengambil subjek penelitian dua kelas yaitu kelas X B sebagai kelas eksperimen dan kelas X A sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes untuk prates dan pascates. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t tidak berpasangan (Independent Samples Test) yang dapat diselesaikan dengan bantuan SPSS 16.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kntrol. Dari hasil analisis data diketahui bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen memiliki rata-rata sebesar 29 21 sedangkan pada kelas kontrol memiliki rata-rata 16 97 dengan nilai probabilitas (p) 0 000 sehingga ada pengaruh penerapan model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar Geografi siswa pada topik Hidrosfer. Disarankan bagi guru Geografi untuk menggunakan model pembelajaran Cooperative Script sebagai variasi model pembelajaran karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menggunakan model ini untuk materi selain topik Hidrosfer.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52860

Actions (login required)

View Item View Item