Pengaruh siklus belajar (Learning cycle) model Lawson terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri 6 Malang / Sahesty Andriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh siklus belajar (Learning cycle) model Lawson terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri 6 Malang / Sahesty Andriani

Andriani, Sahesty (2010) Pengaruh siklus belajar (Learning cycle) model Lawson terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri 6 Malang / Sahesty Andriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci siklus belajar (learning cycle) hasil belajar. Peningkatan hasil belajar dapat dilakukan dengan meningkatan kualitas proses pembelajaran. Salah satu jenis strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar adalah siklus belajar. Pembelajaran menggunakan siklus belajar terdiri dari 3 fase yaitu eksplorasi eksplanasi dan ekspansi. Pada dasarnya model ini dapat meningkatkan pelaksanaan pendekatan keterampilan proses yaitu aktivitas yang berujung pada meningkatnya keterampilan kognitif siswa yaitu hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh siklus belajar (learning cycle) model Lawson terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri 6 Malang. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment). Subjek penelitian berjumlah 64 orang siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas X5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X6 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes untuk prates dan pascates. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t tidak berpasangan yang diselesaikan dengan bantuan komputer program SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis data diketahui bahwa hasil belajar geografi dengan menggunakan siklus belajar memiliki rata- rata nilai lebih baik dibandingkan dengan tanpa menggunakan siklus belajar. Rata- rata hasil belajar (gain score) siswa pada kelas eksperimen sebesar 36 29 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 24 11. Hasil uji statistik yang diterapkan dalam penelitian ini diperoleh t hitung sebesar 4 385 dengan probabilitas (sig.) yaitu 0 000. Merujuk pada hasil analisis data dan temuan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa siklus belajar (learning cycle) model Lawson berpengaruh terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri 6 Malang. Bertolak dari hasil penelitian dan kesimpulan tersebut maka dikemukakan saran untuk meningkatkan hasil belajar geografi guru dapat melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan siklus belajar. Bagi peneliti lanjutan disarankan mengembangkan model siklus belajar dengan mengujicobakan kombinasi model dan media pembelajaran yang lebih variatif sehingga tampak pengaruh yang besar terhadap hasil belajar siswa dan memperoleh manfaat dari siklus belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52858

Actions (login required)

View Item View Item