Analisis bahan ajar geografi tingkat SMA kelas X semester I pada Standart kompetensi memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi / Ratri Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis bahan ajar geografi tingkat SMA kelas X semester I pada Standart kompetensi memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi / Ratri Wulandari

Wulandari, Ratri (2010) Analisis bahan ajar geografi tingkat SMA kelas X semester I pada Standart kompetensi memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi / Ratri Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci analisis bahan ajar kesesuaian isi materi konsep fungsi gambar Masalah yang sering dihadapi guru dalam pembelajaran adalah memilih dan menentukan bahan ajar yang tepat dalam proses pembelajaran. Hal ini disebabkan materi bahan ajar yang terdapat dalam silabus hanya dituliskan secara garis besar. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dibutuhkan buku teks yang berkualitas. Buku teks merupakan komponen penting dalam setiap kegiatan pembelajaran. Tujuan penggunaan buku teks yaitu sebagai alat pendukung dalam kegiatan pembelajaran agar dapat berlangsung dengan lancar serta tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai oleh siswa. Untuk mengetahui kualitas buku teks khususnya untuk buku teks Geografi SMA penelitian ini merumuskan masalah sebagai berikut (1) Bagaimana kesesuaian isi materi dengan kurikulum pada standart kompetensi memahami konsep pendekatan prinsip dan aspek geografi (2) Bagaimana kebenaran konsep pada standart kompetensi memahami konsep pendekatan prinsip dan aspek geografi (3) Bagaimana fungsi gambar pada standart kompetensi memahami konsep pendekatan prinsip dan aspek geografi . Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif dengan menggunakan analisis isi. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku teks yang banyak digunakan di SMA negeri Kota Pasuruan yaitu buku teks Geografi SMA kelas X semester I yang diterbitkan oleh Erlangga tahun terbit 2006. Pada penelitian ini digunakan instrumen pedoman analisis teks. Hasil analisis terhadap kesesuaian isi materi dengan kurikulum ditemukan 8 sub materi dari jumlah keseluruhan sebanyak 13 sub materi. Hasil analisis pada kebenaran konsep ditemukan 36 konsep tergolong sebagai konsep yang benar karena sesuai dengan buku acuan dari jumlah keseluruhan sebanyak 59 konsep. Hasil analisis terhadap gambar ditemukan 6 gambar yang berfungsi sebagai ilustrasi dari jumlah keseluruhan sebanyak 9 gambar. Berdasarkan hasil analisis maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa kesesuaian isi materi dengan kurikulum tergolong cukup yaitu sebesar 61 54%. Kebenaran konsep dalam materi Konsep Dasar Geografi tergolong cukup yaitu sebesar 61 02%. Gambar yang terdapat pada materi Konsep Dasar Geografi sebagian besar berfungsi sebagai ilustrasi yaitu sebesar 66 6% tergolong dalam kriteria cukup. Berdasarkan kesimpulan maka ada beberapa saran yang diberikan kepada beberapa pihak yaitu (1) kepada guru sebaiknya sebelum menggunakan buku teks haruslah ditelaah lebih dahulu mengenai penyajian konsep yang terdapat dalam buku teks tersebut (2) kepada pengarang buku sebaiknya memperhatikan hal yang berkaitan dengan kesempurnaan buku yaitu kesesuaian isi materi dengan kurikulum kebenaran konsep dan fungsi gambar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52847

Actions (login required)

View Item View Item