Aplikasi pembelajaran oudoor pada subpokok bahasan pengertian geografi untuk meningkatkan motivasi, keaktifan dan hasil belajar siswa di kelas IA SMUN 1 Tamanan Bondowoso oleh Rica Susilowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Aplikasi pembelajaran oudoor pada subpokok bahasan pengertian geografi untuk meningkatkan motivasi, keaktifan dan hasil belajar siswa di kelas IA SMUN 1 Tamanan Bondowoso oleh Rica Susilowati

Susilowati, Rica (2010) Aplikasi pembelajaran oudoor pada subpokok bahasan pengertian geografi untuk meningkatkan motivasi, keaktifan dan hasil belajar siswa di kelas IA SMUN 1 Tamanan Bondowoso oleh Rica Susilowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Setiapp emilihan metodep embelajaranh arusb erorientasip adak eterlibatan siswas ecaraa ktif untuk memp rolehd an mengembangkapne ngalamanb elajamya. Metode pembelajaran outdoormerupakan cara efektif bagi perolehan dan pengembangapne ngalamanb elajar sisway ang selalu menekankanb ahwas etiap pengetahuahna rusd ibanguns endiri oleh siswab erdasarkanp engalamany ang diperoleh dari lingkungan sekitar. Penelitian dilakukan di Kelas LA SMJN I Tamanand engank arakterstiks iswa kuranga ktif dan termotivasid alam mengikuti pembelajarang eografi.P enelitiani ni dimaksudkanu ntuk mengetahutii ngkat motivasib elajar k eaktifan siswa dan outcomelbasibl elajar siswam elalui penerapan pembelajarano utdoor padzs ubpokokb ahasanP engertianG eografi di Kelas IA SMUN I Tamanan Bondowoso. Penelitian ini merupakan pcnelitian kualitatif yang berbentuk tindakan kelas yangdirancangd alam dua siklus kegiatan.S ubjekp enelitiannyaa dalahs iswak elas IA SMUN Tamanany ang berjumlah sebanyak3 9 siswa.M asing-masings iklus terdiri dari empatt ahap y aitu rencanat indakan p elaksanaanti ndakan o bservasdi an refleksi. Bcrdasarkahna silp enelitiand iketahuid atah asilb elajarm emmjukkan peningkatapne rolehans korrata-rata dan6 9 84p adas iklusI menjadi 83 17p ada siklusI I. Sehinggad iperclehk esimpulans ebagabi erikutb ahwa ( 1) pembelajaran geografi melalui metode outdoor dapat meningkatkan motivasi belajar siswa (2) pembelajarang eografim elalui penerapanm etodeo utdoor dapatm eningkatkan keaktifans iswa ( 3) pembelajarang eografi melalui metodeo utdoor dapat meningkatkano utcomelhaslbl elajar siswa. Dari hasilt emuanp enelitiant ersebudt isarankan( 1 ) agarg urug eograhd apat menerapkanp embelajarang eografi melalui metodeo utdoor Q) agark epalas ekolah sedapamt ungkinm erekomendasikanp enerapanp embelajaranm elalui metode outdoorp adas ekolah-sekolahy ang bersangkutan( 3 ) agari nstansit erkait dapat memberlakukanm etodei ni sebagais alahs atul angkahp eningkatank ualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52846

Actions (login required)

View Item View Item