Pengaruh penggunaan lembar kegiatan siswa terhadap prestasi belajar geografi siswa kelas 1 SMU Negeri I Kelumpang Selatan Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan oleh Celara Windu Lasteningtias - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan lembar kegiatan siswa terhadap prestasi belajar geografi siswa kelas 1 SMU Negeri I Kelumpang Selatan Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan oleh Celara Windu Lasteningtias

Lasteningtias, Celara Windu (2010) Pengaruh penggunaan lembar kegiatan siswa terhadap prestasi belajar geografi siswa kelas 1 SMU Negeri I Kelumpang Selatan Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan oleh Celara Windu Lasteningtias. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kenyataand i lapanganm enunjukkanb ahwap enggunaanL KS hampir merata di SMUA4au ntuk semuam ataplajarutr. Sementarad i pihak lain laporanm engenai keberhasilanp enggunaanL KS padam ata pelajarang eografib elum banyakd ijumpai. Atas dasar kenyataantadi akhimya diadakan penelitian denganjudul Pengaruh Penggunaaknm bar KegiatanS iswaT erhadapP restasBi elajar GeografiS iswaK elas t SMU Negeri I Kelumpang Selatan Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan. Tujuanp enelitiani ni adalahu ntuk mengetahupi engaruhp enggunaanle mbark egiatan siswa terhadap Prestasi Belajar Geografi Siswa Kelas 1 SMU Negeri 1 Kelumpang SelatanK abupatenK otabaruK alimantan Selatan. Berdasarkantu juan di atasm aka metodey ang digunakana dalahm etode eksperimenP. adap enelitiani ni ada dua kelompok sampel y aitu kelompoky ang diajar menggunakanL KS (kelompok eksperimen)d an kelompoky angd iajar tanpa menggunakanL KS (kelompokk ontrol). Keduak elompok diambil secaraa cak berkelompok dari siswa kelas I semester I SMU Negeri I Kelumpang Selatan tahun pelajaran2 00312004ya ng berjumlah 128s isway ang tersebarp adat iga kelasy aitu kelas Ia sampai dengan kelas Ic. Adapun untuk menentukan kelas sampel dengan cara menyiapkan lembaran keriask ecil yang masing-masingd iberi tulisan Ia Is dan Ig selanjutnyad iambil secaraa cak temyatay angt erambil adalahI a sebagaik elompoke ksperimend an Is sebagaki elompokk ontrol denganm asing-masings iswak elasI a sebanyak4 3 dan4 l siswa kelas Ic. Data prestasi belajar diperoleh dengan cara memberi tes pada sample setelah melewati masa perlakuan. Instrumen prestasi belajar memuat 20 butir soal data yang diproleh selanjutnya diolah dengan telnik statistik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Wngglnaan lembar kegiatan siswa berpengaruhte rhadapp restasib elajar geografis iswak elas 1 SMU Negeri 1 KelumpangS elatanK abupatenK otabaruK alimantan Selatan.Prestasbie lajars iswa yangd iajar denganm enggunakanL KS lebih baik daripadap restasib elajar sisway ang diajar tanpam enggunakanL KS. Berdasarkanh asil penelitiani ni disarankanp erlunya pemanfaatand an pengembangaLnK S sebagami edia belajar di sekolah. Berdasarkanh asil penelitiani ni maka penulis ingin memberikans aran-saran kepadap endidik dan calonp endidik dalamr angkap eningkatanp restasib elajar geografi kepadap arap eneliti yangt ertarik denganp engembangalne mbark egiatan siswa sekiranya perlu diteliti lagi variabel-variabelain s perti motivasi minat Iq yangdapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses belajar mengajar menggunakalne mbar kegiatans iswa k epadap arap engajarb idangs tudi geografi Khususnyad i SMU Negeri I KelumpangS elatanK abupatenK otabaruK alimantan Selatand engand iketahuinyab ahwap enggunaanle mbark egiatans iswa dapat meningkatkanp restasib elajar siswad alam mempelajarik onsepg eografi m aka p nggunaalne mbark egiatans iswad alam prosesb elajar mengajard ianjurkanu ntuk dipakai k epadad inasp endidikank hususnyaD iknas KalimantanS elatan m engingat masiht erbatasnyate nagam engajark hususnyag uru geografim aka perlu kiranya dinas pendidikan memikirkan apakah pemberian lembar kegiatan siswa tersebut perlu dikembangkand alamp rosesb elajar mengajar k epadas ekolahd an kepalas ekolah kiranyad apatm engambilk eputusanu ntuk mengataski ebosanang uru waktu mengajar danjuga untuk mebangkitkan motivasi dan minat belajar siswa hendaknya menggunakanle mbark egiatans iswa dalarnp rosesb elajarm engajar d an peserta didik hendaknyam enjadikanl embar kegiatans iswa sebagasi ebuahk ebutuhanu ntuk meningkatkanp restasib elajar k hususnyap lajara n geograf.i ii

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52845

Actions (login required)

View Item View Item