Muhlisin (2010) Studi eksperimentasi pengaruh metode diskusi terhadap prestasi belajar geografi di kelas I MA Salafiyah Siman Sekaran Laomongan oleh Muhlisin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pemilihanm etodep embelajaragne ografiy ang tepatd apatb erdampakp ositif terhadapp restasib elajar geografi siswa. Selamap embelajarany ang seringd igunakan khususnyad i MA Salafiyah S imanS ekaranL amongana dalahp embelajaramn odel konvensionayl aitu metodec eramah.T ernyatak urang mampum eningkatkanp restasi belajarg eografis iswa.B erdasarkanp ermasalahatne rsebutd icobakanp em-belajaran denganm enggunakanm etoded iskusi. Salah satu metode mengajar yang penulis anggap baik dalam kaitannya dengan penyampaian materi pendidikan geografi adalah metode diskusi. Karena denganm etodei ni gurua kand apatm enyampaikapne ngalamabna ik secarala ngsung maupun tidak langsung kepada siswa mengenai suatu proses atau suatu masalah yang harusd idiskusikans edangkansi swas endiria kanm enyampaikaanr gumentasdia lam arti ia akan mengajukanp endapatd alam rangkap enyelesaiante rhadaps uatup roses danm asalahy angd ijadikank ajiant ersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuip erbedaanp restasib elajar siswa yang diajar menggunakan metode diskusi dengan siswa yang diajar dengan menggunakamn etodec eramahp adap endidikang eografi. Penelitian ini dilakukan dengan menggrmakan metode eksperimen dengan pofau nit paralel.R ancanganp enelitiany angd igunakana dalah Randomi edc onrrol Group Pretest-Postest Design . Penelitian ini dilakukan di Kelas I MA Salafiyah SimanS ekaranL amongan d enganp okok bahasanp engetahuapne ta.A nalisis hasil penelitian yang dipakai adalah analisis t test. Langkah-langkah yang digunakan di dalamp erhitungana dalahm enghitunga nalisap erbedaamn ean. Hasil penelitiani ni menunjukkanb ahwam etoded iskusid anm etodec eramah mempunyaip engaruhp erbedaaanp restasib elajar yang sangatt inggi pada tingkat penguasaans iswa terhadap materi pelajaran. Jurnlah siswa yang mencapait ingkat prestasib aik dalam kelas yang menggunakanm etoded iskusi lebih banyakd ibandingkand engans isway ang diajar menggunakanm etodec eramah. Berdasarkanh asil penelitiani ni telah ditemukanb ahwat 616 o 4.253 lebih besarj ika dibadingkand engant ut t 2 021. Dengand emikiand apatd isimpulkan bahwa terdapatp erbedaanp restasib elajara ntaras isway ang diajar menggunakdn metode diskusi dengan menggunakan metode ceramah pada pelajaran geografi di kelasI MA SalafiyahS imanS ekaranL amongan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Aug 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/52843 |
Actions (login required)
View Item |