Media gambar dalam pembelajaran anak usia dini (studi kasus di PAUD Yayasan Badan Pendidikan Kristen Mojowarno Jombang) / Ryandana Pungky Saputri - Repositori Universitas Negeri Malang

Media gambar dalam pembelajaran anak usia dini (studi kasus di PAUD Yayasan Badan Pendidikan Kristen Mojowarno Jombang) / Ryandana Pungky Saputri

Saputri, Ryandana Pungky (2018) Media gambar dalam pembelajaran anak usia dini (studi kasus di PAUD Yayasan Badan Pendidikan Kristen Mojowarno Jombang) / Ryandana Pungky Saputri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Saputri Ryandana Pungky. 2015. Media Gambar Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini (Studi Kasus di PAUD YBPK Mojowarno). Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. S. Mundzir M.Pd (II) Dr. Ellyn Sugeng Desyanty S.Pd M.Pd Kata Kunci Media Gambar Peneliti memilih media gambar sebagai subyek penelitian karena peneliti ingin mengetahui dan memahami bagaimana cara PAUD YBPK Mojowarno dalam menggunakan media gambar pada proses pembelajaran yang di lakukan di PAUD YBPK Mojowarno. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh peserta didik di PAUD YBPK Mojowarno untuk mengetahui penggunaan media gambar dalam proses belajar mengajar dan mengetahui peningkatan kreativitas peserta didik setelah menggunakan media gambar. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi adalah media gambar dalam proses pembelajaran. Dengan tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses penggunaan media gambar dalam kegiatan pembelajaran di PAUD YBPK Mojowarno Jombang. Jenis penelitian yang dipilih adalah kualitatif dengan desain studi kasus. Penelitian ini dilakukan di PAUD YBPK Mojowarno. Informan penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah PAUD YBPK Mojowarno. Peneliti menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Temuan dalam penelitian ini adalah ada beberapa tahapan yang harus digunakan dalam penggunaan media gambar (a) perencanaan gambar disusun menurut urutan teretentu dan dihubungkan dengan tema (b) pelaksanaan pendidik mulai membahas tema dan kegiatan yang akan dilakukan di sentra pendidik menggunakan media sebagai alat dan jembatan bagi peserta didik untuk lebih memahami apa yang akan dijelaskan oleh pendidik (c) evaluasi pendidik mengevaluasi apa yang sudah disampaikan kepada peserta didik. Dengan cara memberikan tugas atau memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menuangkan imajinasi yang dimilikinya. Saran ditujukan untuk kepala lembaga dan pendidik adalah dalam kegiatan proses belajar mengajar sebaiknya penidik menggunakan media sebagai alat bantu untuk meningkatkan daya tarik kreatifitas berfikir dan memaksimalkan tujuan pembelajaran. Saran ditujukan untuk orangtua adalah paradigma lama tentang guru sebagai pusat belajar seharusnya diubah bahwa guru sebagai fasilitator dan inovator dalam kegiatan belajar mengajar sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna bagi peserta didik serta orangtua hendaknya tidak lepas tangan pendidikan anak pada lembaga sekolah dan turut serta membantu pendidikan anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5284

Actions (login required)

View Item View Item