Kesiapan guru geografi SMUN sekota Malang terhadap pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi oleh Misnawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesiapan guru geografi SMUN sekota Malang terhadap pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi oleh Misnawati

Misnawati (2010) Kesiapan guru geografi SMUN sekota Malang terhadap pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi oleh Misnawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indonesias aat ini mengadakanp ergantiank urikulum. Kurikulum yang akan dilaksanakana dalah kurikulum berbasis kompetensi sebagaip engganti kurikulum 1994. Dalam kurikulum berbasis kompetensi kesiapan seorang guru sebagai pelaksankau rikulum sangatd iperlukan a gArt ujwm yangd itetapkand apttercapi. Penelitian ini bertujuan unnrk mengetahui bagaimana kesiapan guru geografi SMUN sekotaM alang terhadapp elaksanaank urikulum berbasisk ompetensi.T eknik pengumpulan data (1) menyusun instnrmen penelitian (2) melakukan uji coba instromen (3) melakukan pengambilan data penelitian (4) mengolah dan menganalisisd ata penelitian. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif Subjek pen iitiani m adalahg uru geografi SMUN sekotaM alang. Untuk mengumpulkand ata lenbng kesiapang uru geografrS MUN sekotaM alang peneliti menggunakana ngket. Teknif analiiis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan guru geografi terhadap -poeolaxk sanaaknu rikulum berbasisk ompetensis udah cukup siap hal itu terlihat pada guro geografi sudah mengikuti penataran tentang KBK. Sehingga diduga berpengaruhte rhadap pengetahuand an pemahamanm ereka mengenai (l) guru geogali yang memahami KBK secara umum 53 3o/o (2) guru geografi yang me atraml pengertian kompetensi pada KBK 66 70 (3) guru geografi yang memahamdi asarp emikiran penggunaank onsep KBK 60% (a) guru geografi yang memahami pengertian KBK 66 7% (5) guru geografi yang memahami tujuan KBK 66 7% (6) guru geogafi yang memahami ciri-ciri KBK 53 3% (7) guru geoglafr yang memahami prinsipprinsip KBK 40% (S) guru geografi yang mengetahui pendekatand alam KBK 53 3% (9) guru geografi yang mengetahuis trategi dalam kSf s X (10) guru geogafi yang mengetahumi etoded alamK BK 46 7% ( ll) guru geografi yang mengetahui materi dalam KBK66 70/o (12) guru geografi yang meng-tahui media dalam KBK 66 7% (13) guru geografi yang mengetahui cara penilaian dalam KBK 66 7%. Sedangkan 40o/o gjru geografi masih belum pernah mengikutip enatarante ntangK BK. Saran yang diberikan peneliti adalah kepada (1) dinas pendidikan dan instansi -instansi yang terkait hendaknya mengadakan sosialisasi lagi kepada guru geografi tentang kurikulum berbasis kompetensi yaitu lebih sering lagi melaksanakan penatamna tau seminar tentang kurikulum berbasis kompetensit ersebut (2) gUru geogpafui ntuk lebih aldif mencari sendiri informasi tentangK BK (3) peneliti lain sebagaai cuand alamp enelitians elanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52832

Actions (login required)

View Item View Item